Makanan Lebaran Khas Timur Tengah: Aseeva, Debyazah hingga Baklava

Kompas.com - 24/05/2020, 08:06 WIB
Aseeda, makanan khas di Arab Saudi, yang biasanya disajikan saat Lebaran atau Idul Fitri. ShutterstockAseeda, makanan khas di Arab Saudi, yang biasanya disajikan saat Lebaran atau Idul Fitri.

KOMPAS.com - Setiap negara pasti memiliki sajian khasnya masing-masing sebagai pelengkap berbagai acara, salah satunya acara perayaan hari raya keagamaan, termasuk Idul Fitri atau Lebaran.

Jika di Indonesia makanan Lebaran identik dengan opor ayam, ketupat, dan kue-kue kecil, maka berbeda di negara-negara lainnya.

Misalnya, masyarakat di kawasan Arab dan Timur Tengah, mereka lebih banyak memanfaatkan kurma dan kacang-kacangan sebagai bahan untuk membuat makanan khasnya. 

Dikutip dari Arab News, 15 Juni 2018, berikut ini 5 hidangan yang banyak menghiasi meja makan keluarga Muslim di negara-negara gurun kawasan Arab dan Timur Tengah.

Sevia

Salah satu hidangan khas Idul Fitri yang banyak disajikan di negara-negara Timur Tengah adalah kudapan manis tradisional bernama sevia atau sevaya.

Sevia adalah susu bihun hangat yang dibuat dari mi khusus bernama seviyan yang disangrai bersama kacang almond dan kismis.

Setelah berwarna keemasan, bahan-bahan tersebut dimasukkan dalam susu yang telah direbus, kemudian ditambahkan pistachio dan bumbui dengan kapulaga.

Hasil akhir dari hidangan ini sebenarnya lebih mirip dengan sup berkuah kental yang memiliki rasa manis.

Aseeda

Yang kedua adalah makanan penutup yang memiliki tekstur menyerupai jeli yang lembut. Namanya aseeda.

Adonan makanan ini terbuat dari tepung gandum yang dimasak dan dicampur dengan mentega dan madu. Bisa juga dituangkan sedikit sirup kurma sebagai tambahan pemanis.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Sumber Arab News
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X