Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dinilai Sukses Redam Corona, Ini Protokol Taiwan bagi Pengguna Transportasi Publik

Kompas.com - 04/04/2020, 13:40 WIB
Ahmad Naufal Dzulfaroh,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pemerintah Taiwan mewajibkan setiap orang yang menggunakan moda transportasi kereta api dan bus antarkota untuk memakai masker sejak Rabu (1/4/2020).

Dikutip dari Taiwan News, pemeriksaan suhu juga dilakukan secara intensif di stasiun, bandara, pelabuhan, dan area lainnya.

Menteri Perhubungan dan Komunikasi Taiwan Lin Chia Lung pada Selasa (31/3/2020) mengatakan, semua penumpang di kereta cepat Taiwan (THSR), kereta administratif Taiwan (TRA), dan bus harus mematuhi aturan tersebut.

Lin meminta, para karyawan transportasi publik dan semua penumpang harus mengikuti protokol pandemi selama liburan Qingming mendatang untuk menghindari ledakan kasus virus corona.

Saat ini, pihaknya telah menyediakan sensor inframerah dan temperature gun untuk memeriksa penumpang di 12 stasiun THSR, 239 stasiun TRA, 1.298 kantor pos, bandara, pelabuhan, dan terminal bus.

Baca juga: Bagaimana Cara Mengecek Listrik Gratis atau Tidak? Berikut Penjelasan PLN

Wajib pakai masker

Dia meminta semua penumpang agar memakai masker sebelum memasuki tempat-tempat umum itu.

Selain itu, menurut Lin, penumpang dengan suhu tubuh 37,5 sampai 38 derajat celsius tidak diperbolehkan masuk.

Menindaklanjuti aturan tersebut, Pemerintah Kota Taipei dan Taipei Baru pun melarang penumpang tanpa masker menggunakan moda transportasi publik.

Kota itu pada mulanya berencana menerapkan aturan itu pada 9 April, yaitu ketika warga Taiwan hanya diperbolehkan membeli sembilan masker dalam dua minggu.

Akan tetapi, setelah pemerintah pusat mengumumkan kebijakan itu, mereka pun mulai mewajibkan pemakaian masker bagi penumpang pada Sabtu (4/4/2020).

Pada Jumat (3/4/2020), Taiwan mengonfirmasi sembilan kasus baru virus corona, sehingga total kasus infeksi di negara itu mencapai 348.

Menurut Pusat Komando Epidemi (CECC), tujuh di antara sembilan kasus itu merupakan kasus impor dan dua lainnya adalah transmisi lokal.

Sejauh ini, Taiwan termasuk negara yang memiliki angka infeksi rendah, meski berbatasan langsung dengan China serta memiliki 850.000 penduduk yang tinggal dan bekerja di Negeri Tirai Bambu itu.

Baca juga: Kasus Corona Bertambah, Arab Saudi Menutup Penuh Mekkah dan Madinah

Sukses kendalikan virus corona

Pengalaman berharga dalam menghadapi SARS pada 2003, Taiwan sukses mengendalikan virus corona dengan sejumlah strategi jitunya.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com