Meninggal Dunia karena Corona, Dokter Legendaris NHS Alfa Saadu Sempat Menolak Dirawat di RS

Kompas.com - 02/04/2020, 11:45 WIB
Dr Saadu adalah salah satu dari 563 orang yang meninggal pada Selasa (31/3/2020) setelah tertular virus corona. SkynewsDr Saadu adalah salah satu dari 563 orang yang meninggal pada Selasa (31/3/2020) setelah tertular virus corona.

KOMPAS.com - Kabar duka datang dari Inggris. Seorang dokter legendaris National Healthcare System (NHS) Inggris, dr. Alfa Saadu meninggal dunia pada Selasa (31/3/2020) pukul 07.30 waktu setempat setelah berjuang melawan virus corona selama dua pekan.

Dokter yang lahir di Kwara, Nigeria, pada 1952 ini telah mengabdi selama hampir 40 tahun di dunia medis.

Alfa Saadu pensiun pada tahun 2017 setelah sebelumnya menjabat sebagai Direktur Medis RS Princess Alexandra.

Putra Alfa Saadu, Dani, dikutip dari Aljazeera, Rabu (1/4/2020), menceritakan, ayahnya sempat menolak dirawat di rumah saat dibujuk keluarganya.

Saadu bersikeras menolak dengan alasan masih banyak orang yang lebih membutuhkan perawatan di rumah sakit dibanding dirinya.

Baca juga: Dokter Top NHS Inggris Meninggal karena Virus Corona

Dani mengatakan, ayahnya dikenal sebagai sosok yang sangat berdedikasi terhadap profesi dan pekerjaannya. 

"Beliau adalah orang yang berdedikasi tinggi, orang yang sangat peduli tentang keselamatan orang lain. Ketika Anda berbicara dengannya tentang dunia medis dan kesehatan, Anda dapat melihat wajahnya bersinar cerah. Beliau telah bekerja selama hampir 40 tahun untuk NHS di berbagai rumah sakit di seluruh London," kata Dani.

Meskipun sudah pensiun, dokter Saadu masih mengabdikan dirinya dengan bekerja paruh waktu di RS Queen Victoria Memorial.

"Beliau sangat suka membagikan pengalamannya kepada orang-orang yang bekerja di dunia medis. Beliau melakukan itu di Inggris dan Afrika. Ayah saya sudah pensiun dan bekerja paruh waktu di RS Queen Victoria Memorial di Welwyn, Hertfordshire, hingga pada akhirnya Beliau meninggal dunia," kata Saadu.

Rekam jejak Saadu

Saadu adalah dokter legendaris NHS. Ia menorehkan sejumlah prestasi selama kariernya di dunia medis.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X