Link Cek Jadwal KA yang Dibatalkan untuk Jarak Jauh, Menengah, KA Lokal, dan KA Bandara

Kompas.com - 02/04/2020, 10:30 WIB
Ilustrasi gerbong kereta api KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNGIlustrasi gerbong kereta api

KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (KAI) mengambil kebijakan dengan membatalkan sejumlah perjalanan KA untuk menekan penyebaran corona virus.

Kepala Humas PT KAI Daerah Operasional (Daop) 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan, ada 44 KA jarak jauh keberangkatan dari Jakarta yang dibatalkan untuk periode 1 April-1 Mei 2020.

"Secara total pada tanggal 1 April sampai dengan 1 Mei 2020 terdapat 44 KA yang akan dibatalkan jadwal perjalanannya untuk keberangkatan dari Stasiun Gambir, Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Jakarta Kota," kata Eva kepada Kompas.com, Selasa (31/3/2020).

Biasanya, terdapat 67 jadwal perjalanan KA jarak jauh di area Daop 1 Jakarta.

Total KA tersebut terdiri dari:

  • 37 KA dari Stasiun Gambir
  • 27 KA Stasiun Pasar Senen
  • 3 KA dari Stasiun Jakarta Kota.

Cek jadwal pembatalan

PT KAI juga menyediakan laman yang memuat informasi seputar pembatalan KA, baik KA jarak jauh dan menengah, KA lokal, dan KA bandara.

Berikut link untuk mengecek jadwal perjalanan kereta api yang dibatalkan:

Calon penumpang yang terdampak pembatalan KA dapat mengajukan pengembalian bea tiket secara penuh 100 persen di luar biaya pemesanan.

"Kali ini PT KAI tidak mengalihkan penumpang yang jadwalnya batal ke perjalanan KA lainnya. Penumpang dapat melakukan pembelian tiket dengan jadwal KA lain secara mandiri," ujar Eva.

Proses pembatalan tiket dapat dilakukan secara online melalui aplikasi KAI Access dan offline melalui loket-loket stasiun.

Adapun pembatalan lokal di stasiun dapat dilayani di Stasiun Gambir, Pasarsenen, Jakarta Kota, Cikampek, Bekasi, Rangkasbitung, Serang, dan Bogor Paledang.

Perjalanan KA ini dapat berubah sewaktu-waktu.

KOMPAS.com/Akbar Bhayu Tamtomo Infografik: Cara Pembatalan Tiket Kereta Api

Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X