Cara Republik Ceko Kendalikan Virus Corona: Wajib Pakai Masker dan Inisiatif Warga Buat Masker Kain...

Kompas.com - 02/04/2020, 09:03 WIB
Berbagai bentuk dan gaya masker wajah digunakan warga untuk melindungi dirinya. AFP/ANDY WONGBerbagai bentuk dan gaya masker wajah digunakan warga untuk melindungi dirinya.

KOMPAS.com - Pertanyaan yang sering muncul dalam upaya pencegahan virus corona adalah, "Apakah saya harus memakai masker?"

Pertanyaan itu kemudian dijawab oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) bahwa penggunaan masker hanya dilakukan jika dalam kondisi sakit atau sedang merawat orang yang sakit.

Namun, seiring banyaknya informasi mengenai virus corona, para ahli kini merekomendasikan penggunaan masker oleh semua orang, termasuk yang sehat, sangat penting untuk menahan laju penyebaran virus.

Selain itu, perkembangan terbaru menunjukkan, penularan virus corona bisa terjadi dari orang tanpa gejala.

Salah satu negara yang mewajibkan penggunaan masker bagi siapa saja adalah Republik Ceko.

Langkah negara ini dianggap sebagai salah satu contoh bagaimana masker memiliki dampak signifikan terhadap pengendalian virus corona.

Pada 18 Maret 2020, Perdana Menteri Ceko Andrej Babis mengeluarkan peraturan yang mewajibkan warganya untuk mengenakan masker wajah bedah atau masker kain dan penutup hidung lainnya ketika berada di tempat umum.

Baca juga: Bagaimana Cara Membuat Masker Kain Sendiri?

Andalkan inisiatif warga untuk buat masker kain

Masker kainSHUTTERSTOCK Masker kain
Melansir The Guardian, dalam upaya untuk memberi contoh kepada warganya, Babis dan politisi lainnya telah berbicara kepada parlemen dengan mengenakan masker.

Dalam pengadaan masker, pemerintah lebih mengandalkan inisiatif warga Ceko untuk memastikan patuh terhadap peraturan itu.

Apotek-apotek pun telah memasang pengumuman bahwa mereka tak lagi meyediakan masker bedah, karena khusus disediakan untuk petugas kesehatan yang berada di garda depan penanganan virus corona.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X