Rawat Pasien Corona dengan APD Minim, Dokter AS: Kami Berperang Tanpa Amunisi

Kompas.com - 21/03/2020, 21:24 WIB
Ilustrasi: perawatan pasien positif terinfeksi virus corona ShutterstockIlustrasi: perawatan pasien positif terinfeksi virus corona

KOMPAS.com - Para dokter menggunakan kembali masker yang telah dipakai. Perawat pun akan tetap bekerja untuk menangani pasien, meski terpapar virus corona.

Di ruang gawat darurat Los Angeles, dokter diberikan sekotak masker kedaluwarsa, dan ketika mereka mencoba memakainya, ikat elastis itu patah.

Jika persediaan masker habis, para staf harus menggantinya dengan bandana atau syal.

Dengan kasus virus corona yang melonjak, dokter, perawat, dan pekerja medis garis depan lainnya di seluruh Amerika Serikat menghadapi kekurangan masker, baju perlindungan diri, dan kaca mata pelindung dari virus.

Itulah kondisi yang terjadi di rumah sakit Amerika Serikat saat ini: ada banyak pasien dan tidak cukup sumber daya untuk merawat mereka.

"Sama sekali tidak ada cara untuk melindungi diri saya sendiri," kata Dr. Faezah A. Bux, seorang ahli anestesi di Kentucky dikutip dari NYtimes.  

"Tidak hanya saya tidak bisa melindungi diri saya sendiri, saya tidak bisa melindungi pasien saya," lanjut dia.

"Virus itu benar-benar menghantam kami, dan kami sudah menghadapi proporsi krisis di rumah sakit," kata seorang ahli anestesi di Boston, dilansir dari CNN, Sabtu (21/3/2020).

Baca juga: JStor Gratiskan E-Book dan Jurnal Ilmiah Selama Pandemi Corona, Berikut Linknya...

Dokter mulai sakit

Ketakutan petugas kesehatan tidak bersifat abstrak. Dua dokter ruang gawat darurat di New Jersey dan Washington telah dirawat di rumah sakit dalam keadaan kritis.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X