Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Viral Video Pria Gunakan Hand Sanitizer di Lengan, Leher, dan Perut

Kompas.com - 21/03/2020, 18:21 WIB
Retia Kartika Dewi,
Sari Hardiyanto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Seorang pria terekam dalam video sedang mengoleskan cairan hand sanitizer ke bagian lengan, leher, dan perutnya beredar di media sosial Twitter pada Jumat (20/3/2020).

Dalam video berdurasi 21 detik itu, pria tersebut memencet botol hand sanitizer kemudian mengoleskannya ke telapak tangan dan kedua lengannya.

Kemudian, ia memencet lagi botol tersebut dan mengusap hand sanitizer ke bagian leher dan perutnya.

"Covid-19 sudah ada, jadi hindari pemakaian hand sanitizer seperti ini. Karena ini bukan minyak kayu putih cap kapak," tulis pengunggah video, @Dwiersaa.

Sontak, unggahan tersebut ramai diperbicangkan di media sosial.

Baca juga: Viral, Foto Alcohol Swab untuk Membersihkan Ponsel dan Alat Makan dari Virus Corona

Hingga Sabtu (21/3/2020) sore, unggahan tersebut telah diretwit sebanyak lebih dari 7.500 kali dan telah disukai sebanyak 11.400 kali oleh pengguna Twitter lainnya.

Baca juga: Viral Unggahan Dettol Disebut Bisa Bunuh Virus Corona, Ini Faktanya...

Penjelasan LIPI

Menanggapi hal itu, peneliti bidang mikrobiologi dari Pusat Penelitian LIPI, Sugiyono Saputra, PhD mengungkapkan, penggunaan hand sanitizer seperti yang dilakukan pria dalam video tersebut termasuk tindakan yang berlebihan.

"Sepertinya ini berlebihan. Penggunaan sanitizer sebetulnya untuk bagian tubuh yang sering bersentuhan dengan benda, yakni tangan," ujar Sugiyono saat dihubungi Kompas.com pada Sabtu (21/3/2020).

Ia juga menjelaskan, penggunaan sanitizer, terutama yang berbahan alkohol memang efektif untuk membunuh berbagai kuman, termasuk bakteri dan virus dengan penggunaan yang benar.

"Usapkan ke seluruh bagian tangan dan kuku dengan jumlah yang cukup sampai cairan tersebut kering dengan sendirinya," kata dia.

Baca juga: Berikut Cara Membuat Hand Sanitizer Sendiri dengan Lima Bahan Sederhana

Tidak efektif

Selain itu, ia juga menyampaikan bahwa penggunaan hand sanitizer menjadi tidak efektif apabila tangan dalam keadaan kotor.

"Penggunaan sanitizer tidak akan efektif kalau tangannya terlihat kotor, misal ada tanah atau minyak. Pada situasi ini, cuci tangan dengan sabun dan air akan jauh lebih efektif," ujar dia.

Ia menegaskan, hand sanitizer tidak bisa dipakai untuk membersihkan kotoran yang terlihat, seperti tanah, minyak, atau yang lainnya.

"Jadi jangan mengusap tangan dengan sesuatu sebelum sanitizer yang diusapkan betul-betul kering sendiri," kata Sugiyono.

Sementara itu, bagian lain selain telapak tangan, Sugiyono menambahkan, dapat dibersihkan dengan mandi menggunakan sabun, tidak dengan mengoleskan sanitizer.

Menurutnya, tiap sabun memiliki peran menghancurkan lemak yang umumnya ada di membran bakteri dan virus, sehingga apabila kita mandi dan membilas dengan air, bisa membunuh bakteri dan virus.

Baca juga: Cara Baru Korea Selatan Tes Corona, Gunakan Bilik Telepon

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com