Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Imbauan KPAI: Jangan Sebarkan Foto dan Video Korban Susur Sungai di Sleman

Kompas.com - 22/02/2020, 11:06 WIB
Luthfia Ayu Azanella,
Inggried Dwi Wedhaswary

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menyatakan prihatin atas peristiwa yang terjadi pada kegiatan susur sungai oleh ratusan anggota Pramuka SMP Negeri 1 Turi, Sleman, DI Yogyakarta.

Saat melakukan kegiatan susur sungai, di Sungai Sempor, Sleman, Jumat (21/2/2020), tiba-tiba air sungai deras. Data terakhir, 7 orang tewas, dan 3 orang lainnya masih dalam pencarian.

Melihat berbagai respons atas peristiwa ini, Ketua KPAI Susanto mengimbau agar publik tak menyebarkan foto dan video yang memperlihatkan kondisi para korban susur sungai.

Terutama korban dalam keadaan meninggal dunia.

Hal ini dinilainya penting untuk meminimalisasi rasa trauma yang dialami oleh para korban, masyarakat dan netizen diminta untuk tidak menyebarluaskan foto atau video yang memuat kondisi korban.

"Kami menghimbau kepada semua pihak agar tidak memviralkan foto korban. Selain tidak etis, viralisasi foto korban merupakan pelanggaran hukum," kata Susanto, dihubungi Kompas.com, Sabtu (22/2/2020).

Baca juga: Tragedi Susur Sungai Sempor, 7 Tewas, 3 Hilang, Ini Daftar Namanya

Kepada keluarga korban, Susanto menyampaikan rasa duka mendalam atas musibah yang terjadi di lingkungan lembaga pendidikan ini.

Ia juga mengingatkan siapa pun untuk selalu menempatkan aspek keselamatan menjadi fokus utama dalam setiap kegiatan belajar mengajar.

"Kami menyampaikan bela sungkawa atas meninggalnya siswa/siswi di Sleman. Berharap kasus ini menjadi peringatan semua pihak agar aspek safety menjadi prioritas utama dalam memilih lokasi kegiatan. Apapun kegiatan peserta didik," ujar Susanto.

Mengenai pertanggungjawaban yang bisa didapatkan oleh pihak wali siswa, Susanto mengaku masih harus melakukan koordinasi lebih lanjut.

"Kita koordinasikan dulu ya terkait hal tersebut untuk mengetahui positioning kasusnya seperti apa. Ini yang mesti kita ketahui dahulu," kata dia.

Imbauan yang sama, untuk tak menyebarkan foto korban juga disampaikan sejumlah netizen.

Baca juga: Tujuh Siswa SMPN 1 Turi yang Tewas Terbawa Arus Saat Susur Sungai Sudah Teridentifikasi

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com