Pertamina, Skema Baru Pengisian BBM dan Pembayaran Nontunai...

Kompas.com - 05/02/2020, 06:32 WIB
Perlahan masyarakat Kepulauan Riau mulai sadar atas manfaat bahan bakar minyak (BBM) berkualitas, hal ini terbukti dari meningkatnya penggunaan partalite hingga 33 persen selama momen natal 2019 dan tahun baru 2020 di Kepulauan Riau (Kepri). KOMPAS.COM/HADI MAULANAPerlahan masyarakat Kepulauan Riau mulai sadar atas manfaat bahan bakar minyak (BBM) berkualitas, hal ini terbukti dari meningkatnya penggunaan partalite hingga 33 persen selama momen natal 2019 dan tahun baru 2020 di Kepulauan Riau (Kepri).

KOMPAS.com - Dalam menyelaraskan era digitalisasi SPBU, PT Pertamina (Persero) tengah mengembangkan dua mekanisme yakni digitalisme dan self service SPBU.

Diketahui, penerapan sistem baru dalam pengisian bahan bakar minyak (BBM) ini ditujukan guna memudahkan konsumen dalam bertransaksi.

VP Corporate Communication PT Pertamina (Persero) Fajriyah Usman menyampaikan, salah satu bentuk upaya untuk mekanisme digitalisasi SPBU adalah transaksi pembayaran nontunai.

Menurutnya, pembayaran nontunai ini dilakukan baik dengan fasilitas perbankan seperti debit/kredit maupun aplikasi MyPertamina yang terkoneksi dengan LinkAja.

"Untuk transaksi dengan nontunai seperti ini tentunya dapat melayani pembelian dengan jumlah berapa pun," ujar Fajriyah kepada Kompas.com, Selasa (4/2/2020).

Ia menambahkan, justru dengan pembayaran nontunai ini akan lebih akurat karena dilakukan secara digital, tanpa memerlukan kembalian.

Adapun saat ini telah tersedia sekitar 2.260 SPBU yang telah terkoneksi dengan MyPertamina dari total 5.735 SPBU Pertamina di seluruh Indonesia.

Sementara itu, jumlah SPBU yang melayani debit/kredit bank lebih dari 2.260 SPBU di Indonesia.

Baca juga: Mulai 2020, SPBU Pertamina Terapkan Pembayaran Nontunai

SPBU "Self Service"

Di sisi lain, untuk mekanisme lainnya yang tengah dikembangkan, yakni SPBU Self Service.

Fajriyah menjelaskan, mekanisme SPBU Self Service merupakan pola baru pelayanan SPBU di mana konsumen melakukan pengisian BBM secara mandiri.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X