TNI Kirim Bantuan, Bagaimana Kondisi Terkini Kebakaran Hutan di Australia?

Kompas.com - 01/02/2020, 20:35 WIB
Kebakaran hutan Australia diduga disebabkan oleh latihan artileri militer beberapa waktu lalu. WILLIAM WEST / AFPKebakaran hutan Australia diduga disebabkan oleh latihan artileri militer beberapa waktu lalu.

KOMPAS.com - TNI telah memberangkatkan Satuan Tugas (Satgas) Garuda RI untuk membantu pemadaman kebakaran hutan dan lahan di Australia pada Sabtu (1/2/2020).

Satgas Garuda RI terdiri 44 orang.

Personel TNI sebanyak 41 orang terdiri dari tiga orang Tim LO berasal dari Angkatan Udara (AD) dan satu dari Angkatan Udara (AU).

Selain itu, ada Tim Zeni Konstruksi sebanyak 36 orang dengan rincian 26 orang TNI AD (menzikon), enam orang TNI AL (yonmar), dan empat orang TNI AU (disfaksonau).

Selain TNI, ada juga satu orang berasal dari Kementerian Luar Negeri dan dua orang dari BNPB. Sehingga total menjadi 44 orang.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan, sudah seharusnya Indonesia memberikan bantuan kepada Australia

Baca juga: TNI Siap Tambah Personel untuk Pemadaman Kebakaran Hutan di Australia

Lantas bagaimana kondisi terkini kebakaran hutan di Australia?

Sejak September 2019 lalu, Australia masih berjuang memadamkan kebakaran hutan yang telah menewaskan 33 orang dan 1 miliar ekor hewan.

Kebakaran tersebut menjadi yang terburuk di Australia dalam dua dekade terakhir.

Saat ini, kebakaran hutan bahkan mulai mengancam Ibu kota Australia, Canbera dan daerah sekitarnya.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X