Evakuasi WNI Terkait Virus Corona Dimulai, Batik Air Gunakan Airbus 330-300

Kompas.com - 01/02/2020, 07:49 WIB
Proses bagasi Batik Air di terminal baru Bandara Ahmad Yani, Semarang, Kamis (19/7/2018). KOMPAS.COM / MUHAMMAD IRZAL ADIAKURNIAProses bagasi Batik Air di terminal baru Bandara Ahmad Yani, Semarang, Kamis (19/7/2018).

KOMPAS.com - Pemerintah dikabarkan menyewa pesawat Batik Air guna mengevakuasi Warga Negara Indonesia (WNI) yang berada di Provinsi Hubei, China termasuk Wuhan, Sabtu (1/2/2020).

Evakuasi ratusan WNI tersebut dilakukan setelah merebaknya virus corona.

Corporate Communications Strategic, Danang Mandala Prihantoro mengungkapkan, pemulangan ratusan WNI yang berada di Wuhan tersebut sebagai upaya memenuhi permintaan dari Kementerian Luar Negeri (Kemenlu).

"Iya benar. Akan menggunakan 1 pesawat berjenis Airbus 330-300 maskapai Batik Air," kata Danang saat dihubungi Kompas.com, Sabtu, (1/2/2020).

Danang mengatakan, pesawat tersebut akan berangkat dari Bandara Soekarno-Hatta pada Sabtu (1/2/02020) pukul 06.00 WIB.

Kemudian, imbuhnya, diperkirakan akan tiba di Wuhan, China pada pukul 12.00 WIB.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa pesawat tersebut akan kembali mengudara dari Wuhan pada hari yang sama tepatnya pada pukul 13.00 waktu setempat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Nanti akan mendarat di Bandara Hang Nadim, Batam sekitar pukul 19.00 waktu setempat," jelasnya lagi.

Pihaknya menganggap diperbantukannya Lion Air Group dalam memulangkan WNI dari Wuhan adalah sebagai misi kemanusiaan dan mendukung negara.

Baca juga: Perkembangan Terkini Wabah Virus Corona di 5 Negara Eropa

Putuskan evakuasi

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo memutuskan untuk segera mengevakuasi WNI yang berada di Provinsi Hubei, China, menyusul wabah virus corona yang muncul di wilayah tersebut.

Halaman:
Baca tentang

Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X