Virus Corona Menyebar, Indonesia dan 13 Negara Ini Akan Evakuasi Warganya dari Wuhan

Kompas.com - 29/01/2020, 12:52 WIB
Petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) bandara Sultan Iskandar Muda (SIM) memeriksa penumpang yang baru tiba dari Malaysia dengan alat deteksi suhu tubuh (thermoscan) di terminal kedatangan bandara Internasional SIM, Aceh Besar, Aceh, Senin (27/1/2020). Pengamatan dan pemeriksaan menggunakan alat pendeteksian suhu tubuh terhadap para penumpang pesawat luar negeri di terminal kedatangan jalur internasional guna mengantisipasi penyebaran Virus Corona. ANTARA FOTO/Irwansyah Putra/ama. ANTARA FOTO/IRWANSYAH PUTRAPetugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) bandara Sultan Iskandar Muda (SIM) memeriksa penumpang yang baru tiba dari Malaysia dengan alat deteksi suhu tubuh (thermoscan) di terminal kedatangan bandara Internasional SIM, Aceh Besar, Aceh, Senin (27/1/2020). Pengamatan dan pemeriksaan menggunakan alat pendeteksian suhu tubuh terhadap para penumpang pesawat luar negeri di terminal kedatangan jalur internasional guna mengantisipasi penyebaran Virus Corona. ANTARA FOTO/Irwansyah Putra/ama.

KOMPAS.com - Sejumlah negara berencana untuk mengevakuasi staf diplomat dan warga negaranya dari wilayah China

Hal tersebut dilakukan lantaran meningkatnya jumlah kasus virus corona di dunia. Per Rabu (29/1/2020), jumlah korban meninggal akibat virus corona mencapai 132 orang dengan angka 5.974 kasus. 

Melansir Reuters, berikut adalah rencana evakuasi oleh beberapa negara dan bagaimana mereka akan mengelola risiko kesehatan dari pemulangan warga negara tersebut:

1. Jepang

Pada Selasa (28/1/2020) malam, Jepang mencarter penerbangan ke Wuhan. Menteri Luar Negeri Toshimitsu Motegi mengatakan bahwa penerbangan ini dapat membawa sekitar 200 penumpang. 

Motegi mengatakan bahwa Tokyo tengah mengatur penerbangan ekstra ke Wuhan pada hari Rabu (29/1/2020). 

Mereka yang mengalami gejala seperti demam akan dibawa ke rumah sakit saat mendarat di Bandara Haneda, Tokyo.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara itu, yang tidak menunjukkan tanda-tanda virus dapat pulang ke rumah dan bekerja atau pergi ke sekolah. Akan tetapi, mereka tetap disarankan untuk menghindari keramaian dan mengecek suhu tubuh dua kali sehari.

Baca juga: Fakta 6 WN China Terdampar di NTT, Dicegat Tentara Australia hingga Negatif Corona

2. Kazakhstan

Menurut keterangan dari Deputi Menteri Luar Negeri Kazakhstan Skhukrat Nuryshev, Kazakhstan telah meminta Beijing untuk mengizinkan 98 pelajar dari negaranya  meninggalkan Kota Wuhan.

3. Jerman

Jerman juga berencana untuk melakukan evakuasi dari warga negaranya yang berada di wilayah Wuhan.

Adapun jumlahnya mencapai 90 orang.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.