Banjir Jakarta, BNPB dan BPPT Rancang Modifikasi Cuaca, Ini Skemanya

Kompas.com - 02/01/2020, 14:55 WIB
banjir di kawasan Jalan Kemang Utara V, Jakarta Selatan, Kamis (2/1/2020) KOMPAS.COM/WALDA MARISONbanjir di kawasan Jalan Kemang Utara V, Jakarta Selatan, Kamis (2/1/2020)

KOMPAS.com - Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) bersama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) berencana melakukan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) pada Jumat (3/1/2020).

Pakar Meteorologi Tropis BPPT Tri Handoko Seto mengatakan, operasi tersebut dilakukan untuk mengurangi curah hujan yang menjadi penyebab banjir di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi.

"Berdasarkan hasil Rapat Koordinasi Penanganan Banjir yang dilaksanakan tanggal 2 Januari di Graha BNPB, BPPT diminta untuk melakukan operasi TMC guna mengurangi curah hujan penyebab banjir di Jabodetabek," kata Seto saat dihubungi Kompas.com, Kamis (2/1/2020).

Menurut dia, ada beberapa strategi yang telah dilakukan oleh BPPT dan BNPB untuk melakukan modifikasi cuaca.

Untuk langkah awal, BPPT sudah melakukan analisis pertumbuhan awan penyebab hujan di Jabodetabek.

Baca juga: Bencana Terparah, Banjir Bandang Lebak Ditetapkan Sebagai KLB Provinsi

"Awan-awan tersebut berasal dari sebelah barat dan barat laut Jabodetabek yaitu Selat Sunda, Lampung, dan sekitarnya," ujar dia.

Seto mengatakan, pada hari ini pihaknya telah melakukan persiapan, baik pesawat, bahan semai maupun peralatan lainnya.

Pesawat yang digunakan ada tiga, yaitu satu unit Casa, satu unit CN-295, dan satu pesawat opsional berupa unit Hercules.

Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) akan dilakukan hingga kondisi aman.

"Mulai tanggal 3 Januari akan dilakukan operasi sampai (kondisi) aman," kata Seto.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X