5 Modus Penyelundupan Kendaraan Mewah, dari Klaim Suku Cadang hingga Batu Bata

Kompas.com - 18/12/2019, 17:15 WIB
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (kedua kiri) didampingi Kapolri Jenderal Pol Idham Azis (kiri) dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (ketiga kiri) meninjau mobil dan motor mewah selundupan di Terminal Peti Kemas Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (17/12/2019). Sepanjang tahun 2016 hingga 2019 sebanyak 19 unit mobil mewah dan 35 unit motor (rangka dan mesin motor) mewah berbagai merek telah diamankan oleh Bea Cukai Tanjung Priok dengan perkiraan total nilai barang mencapai kurang lebih Rp 21 miliar dan potensi kerugian negara mencapai kurang lebih Rp 48 miliar. ANTARA FOTO/DHEMAS REVIYANTOMenteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati (kedua kiri) didampingi Kapolri Jenderal Pol Idham Azis (kiri) dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (ketiga kiri) meninjau mobil dan motor mewah selundupan di Terminal Peti Kemas Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (17/12/2019). Sepanjang tahun 2016 hingga 2019 sebanyak 19 unit mobil mewah dan 35 unit motor (rangka dan mesin motor) mewah berbagai merek telah diamankan oleh Bea Cukai Tanjung Priok dengan perkiraan total nilai barang mencapai kurang lebih Rp 21 miliar dan potensi kerugian negara mencapai kurang lebih Rp 48 miliar.

KOMPAS.com - Direktorat Jenderal Bea Cukai (DJBC) Indonesia mengungkap adanya upaya penyelundupan sejumlah kendaraan mewah, baik mobil dan motor di Terminal Peti Kemas Tanjung Priok, Jakarta Utara baru-baru ini.

Sepanjang 2016 hingga 2019, DJBC mengklaim telah berhasil mengungkap tujuh kasus penyelundupan mobil dan motor mewah dengan total 54 kendaraan yang terdiri atas 19 mobil dan 35 unit motor dalam bentuk rangka serta mesin berbagai merek.

Dari total unit yang telah diamankan tersebut, nilai totalnya diperkirakan mencapai Rp 21 miliar.

Sementara, negara pun berpotensi mengalami kerugian yang disebabkan oleh penyelundupan tersebut kurang lebih Rp 48 miliar.

Adapun modus-modus yang dipakai dalam upaya-upaya penyelundupan ini berbeda-beda.

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati mengungkapkan bahwa modus yang digunakan dalam penyelundupan kali ini adalah memberitahukan barang yang tidak sesuai dengan sebenarnya.

Upaya penyelundupan bermodus ini bukanlah yang pertama kali terjadi.

Baca juga: Mengintip Koleksi Mobil Ari Askhara, Dirut Garuda yang Dicopot karena Diduga Selundupkan Harley

Berikut adalah modus-modus yang pernah digunakan untuk menyelundupkan kendaraan mewah:

1. Truk bermuatan karet

Melansir Harian Kompas, 2 Maret 2017, Kepolisian Daerah Kalimantan Barat menyita dua unit mobil sedan mewah yang diduga diselundupkan dari Malaysia.

Mobil-mobil tersebut diduga diselundupkan melalui perbatasan Indonesia-Malaysia.

Dua mobil sedan tersebut berjenis Porsche Carrera. Kendaraan mewah ini diangkut menggunakan truk Fuso dan direncanakan dikirim dengan kapal laut menuju Pelabuhan Cirebon, Jawa Barat.

Di atas bak truk Fuso pengangkut kedua mobil mewah itu, diberi muatan potongan karet untuk mengelabui petugas.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X