Alasan SBY Pilih Lagu Seruling di Lembah Sunyi untuk Ani Yudhoyono

Kompas.com - 01/12/2019, 14:44 WIB
Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono dan keluarga menggelar acara Mengenang Setengah Tahun Berpulangnya Almarhumah Ani Yudhoyono, di Gunung Geulis, Bogor, Jawa Barat, Minggu (1/12/2019). KOMPAS.com/WISNU NUGROHOPresiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono dan keluarga menggelar acara Mengenang Setengah Tahun Berpulangnya Almarhumah Ani Yudhoyono, di Gunung Geulis, Bogor, Jawa Barat, Minggu (1/12/2019).

KOMPAS.com - Mengenang setengah tahun kepergian Ibu Ani Yudhoyono, Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono ( SBY) mempersembahkan sebuah lagu berjudul "Seruling di Lembah Sunyi".

Hal ini disampaikan SBY saat acara "Mengenang Setengah Tahun Berpulangnya Almarhumah Ani Yudhoyono, di di Gunung Gelulis, Bogor, Jawa Barat, Minggu (1/12/2019).

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Ani Yudhoyono In Memoriam (@aniyudhoyono) on Nov 30, 2019 at 7:46pm PST

Lagu "Seruling di Lembah Sunyi" merupakan lagu yang pernah populer pada tahun 1970-an.

Mengapa SBY memilih lagu ini?

"Ceritanya 2 bulan lalu, jam 10 pagi di Cikeas, hati saya down. Kenangan saya terhadap Almarhumah muncul. Staf yang menemani saya di Cikeas merasakan saya sedih. Setelah shalat Jumat di pendopo, saya bertafakur kenapa saya sedih," ujar SBY.

Baca juga: Setengah Tahun Berpulangnya Ibu Ani, SBY Persembahkan Seruling di Lembah Sunyi

Kemudian, SBY menceritakan, saat itu terlintas lagu "Seruling di Lembah Sunyi".

"Saya undang staf saya, kok muncul Seruling di Lembah Sunyi. Padahal, beberapa saat sebelumnya, saya ingin menyambung silaturahim saya dengan para followers dan netizen," lanjut SBY.

SBY mengibaratkan, ia tengah berada di lembah sunyi. Jika serulingnya indah, maka yang mendengarkan pun tetap indah.

"Di lembah sunyi itu sesekali membunyikan seruling, saran dan pandangan yang baik bagi rakyat Indonesia mungkin akan mendengarkan itu," kata SBY.

SBY mengungkapkan, Seruling di Lembah Sunyi juga dikaitkan dengan saat-saat ketika Sarwo Edhi meninggal dan munculnya artikel In Memoriam Sarwo Edhi.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X