Rekomendasi KPAI untuk Kemendikbud di Hari Guru Nasional 2019

Kompas.com - 25/11/2019, 12:37 WIB
Komisioner KPAI Retno Listyarti di kantor KPAI, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (26/9/2019). Kompas.com/Fitria Chusna FarisaKomisioner KPAI Retno Listyarti di kantor KPAI, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (26/9/2019).

KOMPAS.com - Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) menyampaikan sejumlah rekomendasi bagi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) untuk menciptakan kemerdekaan belajar dalam proses pendidikan.

Kemerdekaan belajar adalah salah satu cita-cita yang ingin dicapai Mendikbud Nadiem Makariem.

Ia juga menyinggung soal ini pada pidatonya dalam rangka memperingati Hari Guru Nasional (HGN) 2019.

"Saya tidak akan membuat janji-janji kosong kepada Anda. Perubahan adalah hal yang sulit dan penuh dengan ketidaknyamanan. Satu hal yang pasti, saya akan berjuang untuk kemerdekaan belajar di Indonesia," kata Nadiem sebagaimana  tertulis di teks pidato yang tersebar.

Baca juga: Berharap Realisasi dari Pidato Hari Guru Nasional Nadiem Makarim...

Menanggapi hal ini, Komisioner KPAI Bidang Pendidikan Retno Listyarti melalui keterangan tertulisnya, Minggu (24/11/2019), mengatakan, Kemendikbud harus melakukan sejumlah langkah nyata untuk mewujudkan cita-cita itu.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ia menjabarkan, langka-langkah yang bisa dilakukan di antaranya: 

1. Pelatihan Guru

Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengadakan pelatihan bagi para guru agar bisa menghadirkan proses belajar mengajar yang berbeda.

Retno menyebutkan, menurut sebuah penelitian, dalam kurun waktu 25 tahun tidak terjadi perubahan cara mengajar dari guru-guru di ruang kelas.

"Untuk itu, diperlukan iklim sekolah yang mendukung dan peningkatan kapasitas guru melalui berbagai pelatihan. Pelatihan harus tidak melulu soal metode, namun mindset guru untuk memerdekakan pembelajarannya," kata Retno.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.