Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waspada, Potensi Hujan Lebat Disertai Angin Kencang di Wilayah Ini

Kompas.com - 18/11/2019, 20:00 WIB
Mela Arnani,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Hujan lebat disertai angin kencang atau kilat berpotensi terjadi di beberapa wilayah Indonesia tiga hari ke depan atau hingga Rabu (20/11/2019).

Hasil pantauan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menunjukkan adanya massa udara basah di lapisan rendah terkonsentrasi di sebagian besar Sumatera, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Papua Barat dan Papua.

"Daerah yang memiliki potensi konvektif dari faktor lokal dengan nilai indeks labilitas atmosfer sedang/kuat terdapat di Pesisir barat Sumatera, Kepulauan Riau, Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Papua Barat dan Papua," kata Kepala Humas BMKG Akhmad Taufan Maulana kepada Kompas.com, Senin (18/11/2019) sore.

Taufan menjelaskan,  terdapat sirkulasi siklonik di Perairan Kepulauan Natuna bagian utara.

"Konvergensi perairan timur Aceh dan perairan utara Papua," ujar dia.

Sementara itu, potensi hujan lebat dibarengi angin dan kilat dikarenakan adanya belokan angin di Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Sulawesi Utara, Maluku Utara Papua Barat dan Papua.

Baca juga: Waspada Hujan Lebat dan Angin di Jabodetabek dan Wilayah Indonesia Lain

"Low level jet dengan kecepatan angin lebih dari 25 kt terdapat di Samudera Hindia Selatan dan Samudera Pasifik timur Philipina," papar Taufan.

Taufan mengimbau masyarakat yang berdomisili atau sedang berada di beberapa wilayah yang berpotensi hujan lebat hingga disertai angin kencang dan petir/kilat tersebut untuk selalu berhati-hati ketika sedang beraktivitas di luar ruang, serta persiapkan diri dengan peralatan antisipasi hujan.

Lalu, daerah mana saja yang berpotensi mengalami hujan lebat, bahkan disertai angin kencang dan kilat?

18 November 2019

Wilayah yang berpotensi hujan lebat antara lain Sumatera Utara, Sumatera Barat, Kepulauan Riau, Bengkulu, Sumatera Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, dan Kalimantan Timur.

19 November 2019

Beberapa wilayah yang berpotensi hujan lebat yaitu Sumatera Utara, Sumatera Barat, Kepulauan Riau, Bengkulu, Sumatera Selatan, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Utara.

20 November 2019

Wilayah yang berpotensi hujan lebat adalah Sumatera Barat, Bengkulu, Sumatera Selatan, Banten, Jawa Barat, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, dan Kalimantan Utara.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com