7 Cara Tetap Sehat Saat Musim Hujan

Kompas.com - 03/11/2019, 12:37 WIB
Ilustrasi flu, sakit flu ShutterstockIlustrasi flu, sakit flu

KOMPAS.com - Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG) hujan sudah terjadi hampir di sebagian besar wilayah di Indonesia.

Berbagai penyakit seperti pilek, flu hingga demam berdarah pun mengintai di depan mata. Oleh karena itu, kita harus dapat menjaga kesehatan agar tetap bugar dan bisa menjalankan aktivitas sehari-hari dengan sebaik mungkin. 

Berikut tujuh cara tetap sehat di musim hujan:

1. Jaga tubuh tetap hangat

Pernahkah kalian bertanya-tanya mengapa kita lebih sering terkena flu saat basah karena hujan?

Para peneliti menemukan bahwa tubuh yang kedinginan, terutama kaki, dapat menyebabkan gejala flu muncul pada seseorang yang sudah rentan terhadap virus flu.

Saat tubuh berusaha menjaga diri kita agar tetap hangat, tubuh membatasi aliran darah ke kaki kita termasuk hidung.

Hal ini membuat hidung dingin yang menjadi tempat favorit bagi banyak virus. Oleh karena itu, kita harus memastikan diri kita terlindungi dengan memakai pakaian hangat saat musim hujan tiba.

2. Konsumsi vitamin C

Vitamin C, baik dalam bentuk alami atau sebagai suplemen makanan dapat membantu mempercepat pemulihan dari virus flu.

Meskipun masih diperdebatkan di kalangan dokter apakah vitamin C adalah obat untuk flu, mencukupi asupan vitamin C bisa memperkuat daya tahan tubuh sehingga kita tidak mudah terserang flu.

Cobalah untuk mengonsumsi makanan mengandung vitamin C seperti paprika merah dan hijau, pepaya dan nanas agar kita tidak mudah jatuh sakit.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X