Ini Beda Hari Pertama Presiden Jokowi pada Periode Pertama dan Kedua

Kompas.com - 21/10/2019, 17:39 WIB
Joko Widodo dan Maruf Amin usai mengucap sumpah jabatan sebagai presiden dan wakil presiden periode 2019-2024 di Gedung MPR/DPR RI, Jakarta, Minggu (20/10/2019). KOMPAS.com/DINO OKTAVIANOJoko Widodo dan Maruf Amin usai mengucap sumpah jabatan sebagai presiden dan wakil presiden periode 2019-2024 di Gedung MPR/DPR RI, Jakarta, Minggu (20/10/2019).

KOMPAS.com - Presiden terpilih Republik Indonesia terpilih periode 2019-2024 Joko Widodo resmi dilantik pada Minggu, (20/10/2019) di Gedung Parlemen.

Hal ini sekaligus menandai kiprah Jokowi sebagai presiden untuk kedua kalinya.

Di hari pertamanya menjabat sebagai presiden periode kedua, Jokowi disibukkan menemui sejumlah tokoh untuk mengisi kursi menteri di Kabinet Kerja Jilid 2.

Beberapa tokoh yang terlihat mengunjungi Istana Kepresidenan pada hari ini adalah Mahfud MD, Nadiem Karim, Erick Thohir, Wishnutama, Airlangga Hartarto, dan Pratikno.

Lantas bagaimana dengan hari pertama Jokowi menjabat sebagai presiden di periode pertama dulu?

Harian Kompas, 22 Oktober 2014 memberitakan, Jokowi menyempatkan diri untuk menemui warga dari balik pagar Istana, usai diwawancarai sebuah stasiun televisi.

Mereka memanggil-manggil nama Jokowi seakan tidak ingin meninggalkan presiden ketujuh RI tersebut, meski waktu sudah malam.

Ada tiga lokasi pagar yang didatangi Jokowi. Warga pun langsung menyerbu Jokowi.

Selain menyapa para warga, Jokowi juga menyalami mereka dari balik pagar.

Baca juga: Hari Pertama Menjabat Wapres, Maruf Terima Kunjungan 3 Tamu Negara

"Ayo pulang, sudah malam, istirahat dulu. Besok kerja," ujarnya, seperti diceritakan sejumlah anggota staf yang menemani Jokowi begadang hingga dini hari.

Di malam itu juga, Jokowi bersama Kalla sudah mulai bekerja dengan mengundang pimpinan Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X