Menanti Kabinet Baru Jokowi, Mengingat Pengumuman Kabinet Kerja 2014

Kompas.com - 21/10/2019, 10:29 WIB
Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla berfoto bersama dengan calon menteri di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Senin (26/10/2014). Hari ini Presiden Joko Widodo mengumumkan nama-nama calon menteri untuk mengisi Kabinetnya yang diberi nama Kabinet Kerja. (TRIBUNNEWS/DANY PERMANA) TRIBUNNEWS/DANY PERMANAPresiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla berfoto bersama dengan calon menteri di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Senin (26/10/2014). Hari ini Presiden Joko Widodo mengumumkan nama-nama calon menteri untuk mengisi Kabinetnya yang diberi nama Kabinet Kerja. (TRIBUNNEWS/DANY PERMANA)

KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo berencana memperkenalkan susunan kabinet barunya bersama Wakil Presiden Ma'ruf Amin pada Senin (21/10/2019).

Rencana ini disampaikan sebanyak tiga kali pada Minggu (20/10/2019), seusai pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI 2019-2024.

"Besok kita akan kenalkan dulu, menteri-menteri, yang telah kita pilih, kita kenalkan. Ya setelah dikenalkan, tentu saja akan segera dilantik," kata Jokowi, Minggu (21/10/2019).

Rencana tersebut lebih cepat daripada pengumuman kabinet yang dilakukan Jokowi 5 tahun lalu.

Pada 2014, Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla mengumumkan kabinetnya pada 26 Oktober 2014, atau 6 hari setelah pelantikan.

Jokowi dan Jusuf Kalla dilantik pada 20 Oktober 2014.

Kala itu, Jokowi dan JK diberi waktu 14 hari untuk menyusun kabinet.

Baca juga: Jelang Pengumuman Kabinet Kerja Jilid 2, Puluhan Kemeja Putih Dibawa Masuk ke Istana

Diberitakan Kompas.com, 24 Oktober 2014, Jokowi dibantu oleh tim transisi yang terdiri atas Rini Soemarno, Andi Widjajanto, dan Hasto Kristiyanto.

Selain itu, Jokowi juga melibatkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan PPATK untuk melakukan penelusuran terhadap rekam jejak para calon menteri.

Sehari sebelum dilantik, pada 19 Oktober 2014, Jokowi mendatangi Gedung KPK.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X