Sulli Diduga Bunuh Diri, Ini 9 Cara Lindungi Kesehatan Mental

Kompas.com - 14/10/2019, 17:30 WIB
Mantan member f(x), Sulli, yang ditemukan meninggal dunia, Senin (14/10/2019). YonhapMantan member f(x), Sulli, yang ditemukan meninggal dunia, Senin (14/10/2019).

KOMPAS.com - Hari kesehatan mental sedunia diperingati setiap tanggal 10 Oktober setiap tahun. Pada peringatan tahun ini, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengambil tema Focus on Suicide Prevention mengingat data menunjukkan setiap 40 detik ada satu orang yang tewas akibat bunuh diri.

Pada kesempatan ini, para pegiat mengampanyekan advokasi kesehatan mental dan kepedulian terhadap kesehatan tubuh.

Namun, baru beberapa hari berselang dari peringatan WHO tersebut, hari ini kabar duka muncul dari selebritas Korea Selatan, Sulli yang dikabarkan meninggal dunia dengan dugaan bunuh diri di rumahnya.

Ya, sering kali perasaan ingin bunuh diri seseorang tak disadari oleh orang sekitarnya. Salah satu penyebab yang sering mendasari niat bunuh diri seseorang adalah stres.

Baca juga: Polisi Duga Sulli Bunuh Diri

American Psychological Association seperti dikutip dari laman Psychology Today melaporkan, manusia tidak sering mengenali bahwa dirinya rentan terhadap stres dan kesehatan mental, hingga tubuh menunjukkan kesehatan fisik.

Pernyataan ini selaras dengan laporan yang dikeluarkan WHO yang menyatakan bahwa pada tahun 2030, penyakit yang berhubungan dengan stres akan melampaui penyakit menular.

Di era modern saat ini, perhatian untuk kesehatan mental semakin besar. Namun hal ini berbanding lurus dengan banyaknya tekanan yang dihadapi.

Untuk itu, ada kegiatan yang yang dapat dilakukan untuk melindungi serta meningkatkan kesehatan mental, seperti:

1. Terapi

Saat ini, terapis terpercaya serta berlisensi mudah ditemui. Memiliki terapis dapat menjadi salah satu cara untuk menjaga mental Anda tetap terjaga.

2. Ikut komunitas

Cara lain yang bisa Anda terapkan adalah bergabung dengan komunitas. Kini, berbagai macam komunitas bisa dengan mudah ditemui. Bahkan, ada banyak macam komunitas yang sesuai dengan hobi maupun minat Anda.

Halaman:
Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X