Jangan Dipercaya Lagi, Makan Salak Tak Sebabkan Sembelit

Kompas.com - 14/09/2019, 06:00 WIB
Buah salak paulprescott72Buah salak

KOMPAS.com – Indonesia sebagai negara tropis memiliki jenis buah-buahan yang begitu beragam, salah satunya adalah buah berkulit gelap bernama salak.

Buah salak sangat mudah ditemui dalam berbagai macam varian yang ada dengan harga yang relatif terjangkau. Selain harganya yang terjangkau, rasa buah salak juga manis dan segar sehingga banyak disukai oleh masyarakat.

Namun, mengonsumsi buah ini dalam jumlah berlebihan diyakini dapat menyebabkan buang air besar menjadi tidak lancar alias sembelit.

Benarkah demikian?

Seorang dokter umum dari RS Pondok Indah, dr. Maria Lioni Kusuma menyebut buah salak tidak menyebabkan sembelit selama dikonsumsi dalam jumlah yang tidak berlebihan.

Baca juga: Halo Prof! Mitos atau Fakta, Buah Salak Bikin Sembelit?

Ia menjelaskan terdapat 3 faktor utama yang mempengaruhi lancar tidaknya sembelit seseorang, yakni usia, pola makan, dan aktivitas fisik.

“Nah, terkait pertanyaan mengenai makan salak dan sembelit, kembali lagi pada tiga faktor utama tadi yang harus dikaji. Apakah banyaknya salak yang dikonsumsi sampai mengurangi jumlah buah, sayur, dan makanan berserat yang lain?” kata Maria.

Hal selanjutnya yang perlu diperhatikan jika memakan buah salak dan setelahnya mengalami sembelit, apakah asupan air yang dikonsumsi masih terbilang kurang?

Jika jawabannya adalah tidak, maka tidak akan ada masalah kesehatan yang ditimbulkan.

Terlebih jika memakan buah salak beserta bagian kulit tipis atau kulit ari buah salak.
Oleh karena itu, Maria menyebut masyarakat tidak perlu khawatir saat mengonsumsi buah salak.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X