Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Waspada! Hujan Lebat Berpotensi Terjadi di Wilayah Ini

Kompas.com - 12/09/2019, 19:00 WIB
Mela Arnani,
Resa Eka Ayu Sartika

Tim Redaksi

KOMPAS.comHujan lebat berpotensi terjadi di sebagian wilayah Indonesia.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperingatkan, potensi hujan lebat ini akan terjadi hingga 14 September 2019 mendatang.

Kepala Bagian Humas BMKG Akhmad Taufan Maulana menjelaskan, potensi hujan lebat yang terjadi dikarenakan Tropical Low 95W 30 kts 998 hPa yang masih bertahan dan bergerak ke arah Barat Laut di Samudera Pasifik Timur Philipina.

Belokan angin atau shear lemah terdapat di sejumlah wilayah seperti Sumatera bagian utara, Kalimantan bagian barat, Sulawesi Tengah dan Laut Maluku.

"Konvergensi di Kalimantan Barat bagian utara dan Low level jet dengan kecepatan angin diperkirakan mencapai >25 kt terdapat di wilayah Laut Cina Selatan dan Samudera Pasifik Timur Filipina dan di Laut Maluku," kata Taufan kepada Kompas.com, Kamis (12/9/2019).

Baca juga: Peringatan Potensi Hujan Lebat Akibat MJO, Bagaimana Fenomena Ini Pengaruhi Cuaca?

BMKG memprakirakan terdapat beberapa wilayah Indonesia yang berpotensi hujan lebat.

Pada Kamis (12/9/2019) hingga Sabtu (14/9/2019) wilayah Indonesia yang berpotensi hujan lebat yaitu Sumatera Utara dan Papua.

Sementara itu, pada Kamis (12/9/2019) wilayah Indonesia yang berpeluang diterpa hujan dengan intensitas lebih lebat disertai angin kencang dan kilat atau petir yaitu Aceh dan Kalimantan Barat.

Pada Jumat (13/9/2019) dan Sabtu (14/9/2019) wilayah Aceh masih berpotensi diterpa hujan dengan intensitas lebih lebat disertai angin kencang dan kilat atau petir.

Taufan mengimbau masyarakat yang berdomisili atau sedang berada di beberapa wilayah yang berpotensi hujan lebat hingga disertai angin kencang dan petir/kilat tersebut untuk selalu berhati-hati ketika beraktivitas di luar ruang, serta persiapkan diri dengan peralatan antisipasi hujan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com