Waspada! Hujan Lebat Berpotensi Terjadi di Wilayah Ini

Kompas.com - 12/09/2019, 19:00 WIB
Ilustrasi hujan. KOMPAS.com / ANDREAS LUKAS ALTOBELIIlustrasi hujan.

KOMPAS.comHujan lebat berpotensi terjadi di sebagian wilayah Indonesia.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG) memperingatkan, potensi hujan lebat ini akan terjadi hingga 14 September 2019 mendatang.

Kepala Bagian Humas BMKG Akhmad Taufan Maulana menjelaskan, potensi hujan lebat yang terjadi dikarenakan Tropical Low 95W 30 kts 998 hPa yang masih bertahan dan bergerak ke arah Barat Laut di Samudera Pasifik Timur Philipina.

Belokan angin atau shear lemah terdapat di sejumlah wilayah seperti Sumatera bagian utara, Kalimantan bagian barat, Sulawesi Tengah dan Laut Maluku.

"Konvergensi di Kalimantan Barat bagian utara dan Low level jet dengan kecepatan angin diperkirakan mencapai >25 kt terdapat di wilayah Laut Cina Selatan dan Samudera Pasifik Timur Filipina dan di Laut Maluku," kata Taufan kepada Kompas.com, Kamis (12/9/2019).

Baca juga: Peringatan Potensi Hujan Lebat Akibat MJO, Bagaimana Fenomena Ini Pengaruhi Cuaca?

BMKG memprakirakan terdapat beberapa wilayah Indonesia yang berpotensi hujan lebat.

Pada Kamis (12/9/2019) hingga Sabtu (14/9/2019) wilayah Indonesia yang berpotensi hujan lebat yaitu Sumatera Utara dan Papua.

Sementara itu, pada Kamis (12/9/2019) wilayah Indonesia yang berpeluang diterpa hujan dengan intensitas lebih lebat disertai angin kencang dan kilat atau petir yaitu Aceh dan Kalimantan Barat.

Pada Jumat (13/9/2019) dan Sabtu (14/9/2019) wilayah Aceh masih berpotensi diterpa hujan dengan intensitas lebih lebat disertai angin kencang dan kilat atau petir.

Taufan mengimbau masyarakat yang berdomisili atau sedang berada di beberapa wilayah yang berpotensi hujan lebat hingga disertai angin kencang dan petir/kilat tersebut untuk selalu berhati-hati ketika beraktivitas di luar ruang, serta persiapkan diri dengan peralatan antisipasi hujan.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X