Mengenal Taman Nasional Komodo...

Kompas.com - 08/09/2019, 15:27 WIB
Wisatawan menikmati pemandangan saat senja di atas bukit di Gili Lawa Darat di Kawasan Taman Nasional Komodo, Manggarai Barat, Selasa (29/8). Selain alam lautnya, pesona darat di kawasan ini juga menjadi daya tarik wisatawan. KOMPAS/HERU SRI KUMOROWisatawan menikmati pemandangan saat senja di atas bukit di Gili Lawa Darat di Kawasan Taman Nasional Komodo, Manggarai Barat, Selasa (29/8). Selain alam lautnya, pesona darat di kawasan ini juga menjadi daya tarik wisatawan.
Penulis Mela Arnani
|

KOMPAS.com - Rencana penutupan Pulau Komodo yang terletak di Kawasan Taman Nasional Komodo menuai pro dan kontra.

Gubernur Nusa Tenggara Timur Viktor Bungtilu Laiskodat mengklaim dilakukannya penutupan ini untuk revitalisasi dan konservasi Pulau Komodo.

Penutupan hanya dilakukan selama satu tahun per 1 Januari 2020. Sedangkan sejumlah pulau lainnya di Kawasan Taman Nasional Komodo seperti Pulau Rinca, Pulau Padar dan sejumlah pulau lainnya tetap boleh dikunjungi.

Seperti apakah Pulau Komodo itu?

Taman Nasional Komodo

Taman Nasional Komodo memiliki luas wilayah sebesar 173.300 hektare.

Terdapat tiga pulau besar yang masuk dalam kawasan Taman Nasional Komodo, yaitu Pulau Komodo, Pulau Padar, dan Pulau Rinca.

Tak hanya melindungi hewan Komodo yang terancam punah, terdapat 254 spesies tanaman yang berasal dari Asia dan Australia yang tumbuh dalam taman nasional ini.

Jenis-jenis fauna yang ada di antaranya komodo, rusa, dan jenis burung.

Selain jenis fauna yang ada di taman nasional ini, padang rumput dan hutan savana mempunyai luas mencapai kurang lebih 70 persen dari luas Taman Nasional Komodo.

Bukan hanya pulau-pulau besar, taman nasional yang terkenal dengan kecantikan alamnya ini juga terdiri dari beberapa pulau kecil seperti Gili Lawa dan Pulau Padar.

Baca juga: Anak-anak dari Pulau Komodo Tulis Surat untuk Presiden Jokowi

Gili Lawa, sebutan lain Gili Laba menjadi salah satu tempat favorit wisatawan ketika berkunjung ke Taman Nasional (TN) Komodo, Flores, Nusa Tenggara Timur.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X