Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kapan Malam Lailatul Qadar Ramadhan 2024? Ini Tanda dan Keutamaannya

Lailatul Qadar atau dikenal sebagai malam seribu bulan adalah peringatan hari turunnya wahyu Al Quran dari Allah SWT kepada Nabi Muhammad SAW melalui Malaikat Jibril.

Umat Islam biasanya akan mulai menantikan malam Lailatul Qadar pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan.

Di Indonesia, umat Islam memulai puasa Ramadhan 1445 Hijriah pada Selasa, 12 Maret 2024 sesuai hasil sidang isbat Kementerian Agama. Sementara Muhammadiyah menetapkan awal puasa 2024 pada Senin, 11 Maret 2024.

Lalu, kapan perkiraan waktu malam Lailatul Qadar?

Waktu malam Lailatul Qadar

Nabi Muhammad SAW tidak pernah mengungkapkan secara pasti kapan Lailatul Qadar berlangsung.

Namun, lewat hadisnya, Rasulullah menyatakan Lailatul Qadar jatuh saat malam ganjil pada sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan.

Jika Ramadhan berlangsung selama 30 hari, maka Lailatul Qadar kemungkinan jatuh pada tanggal 21, 23, 25, 27, atau 29 bulan Ramadhan.

Berdasarkan hasil sidang isbat, Kemenag menyatakan awal 1 Ramadhan 1445 Hijriah jatuh pada 12 Maret 2024. Karena itu, sepuluh hari terakhir Ramadhan 2024 akan dimulai pada 31 Maret 2024.

Sebaliknya, Muhammadiyah menetapkan awal puasa Ramadhan 1445 Hijriah pada 11 Maret 2024. Artinya, sepuluh hari terakhir bulan tersebut berlangsung mulai 30 Maret 2024.

Berikut prakiraan tanggal malam Lailatul Qadar 2024 sesuai dengan ketetapan awal Ramadhan 1445 Hijriah menurut pemerintah.

Dikutip dari situs Badan Litbang dan Diklat Kemenag, berikut tanda-tanda malam Lailatul Qadar.

1. Terjadi pada sepuluh malam terakhir Ramadhan

Rasulullah SAW bersabda dalam hadis riwayat Al Bukhari bahwa umat Islam dianjurkan mencari Lailatul Qadar pada sepuluh malam terakhir bulan Ramadhan.

2. Malam ganjil

Hadis riwayat Al Bukhari lainnya menyatakan, Lailatul Qadar jauh pada malam ganjil dari sepuluh malam terakhir di bulan Ramadhan.

3. Tujuh malam terakhir

Rasulullah SAW juga bersabda dalam hadis riwayat Muslim agar umat Islam mencari Lailatul Qadar dalam sepuluh malam terakhir. Namun jika lelah, mereka ditekankan untuk tidak kalah pada tujuh malam terakhir Ramadhan.

4. Malam ke-9, 7, 5, atau tanggal 27

Hadis riwayat dari Bukhari menyatakan, umat Islam diminta mencari Lailatul Qadar pada sembilan, tujuh, dan lima malam yang tersisa dari Ramadhan.

Sementara hadis riwayat Muslim dari Ubay bin Ka'ab menyebut, Rasulullah memerintahkan umat Islam menghidupkan malam ke-27 Ramadhan.

5. Malam yang cerah

Rasulullah dalam HR. Muslim No. 762 menyatakan, malam Lailatul Qadar adalah malam yang cerah. Pada pagi harinya, Matahari terbit berwarna putih, memancarkan sinar ke segala penjuru.

6. Cuaca tidak panas dan dingin

Sementara HR. Ath Thoyalisi dan Al Baihaqi menuturkan, Lailatul Qadar terjadi saat cuaca tidak begitu panas dan tidak begitu dingin. Pada pagi hari, Matahari tidak bersinar terlalu cerah dan tampak kemerahan.

Keutamaan Lailatul Qadar

Sebagai malam penuh keistimewaan, Lailatul Qadar memiliki sejumlah keutamaan bagi umat Islam. Berikut keutamaan Lailatul Qadar:

  • Lailatul Qadar waktu diturunkannya Al Quran.
  • Lailatul Qadar lebih baik dari 1000 bulan sehingga shalat dan amalan yang dijalankan saat itu lebih baik pahalanya.
  • Lailatul qodar adalah malam yang penuh keberkahan.
  • Malaikat akan turun pada Lailatul Qadar sebagai tanda turunnya berkah dan rahmat.
  • Lailatul Qadar penuh keselamatan dan perlindungan bagi orang yang taat kepada Allah SWT.
  • Lailatul qodar adalah malam dicatatnya takdir tahunan.
  • Dosa orang yang menghidupkan malam Lailatul Qadar akan diampuni Allah SWT.

Untuk mendapatkan keutamaan tersebut, umat Islam disarankan memperbanyak shalat malam, membaca Al Quran, dzikir, doa, dan sedekah dengan sungguh-sungguh,

https://www.kompas.com/tren/read/2024/03/26/173000865/kapan-malam-lailatul-qadar-ramadhan-2024-ini-tanda-dan-keutamaannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke