Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Cara Mengecilkan Perut Buncit pada Wanita

KOMPAS.com - Memiliki perut buncit layaknya mimpi buruk bagi sebagian wanita. Oleh karena itu, para wanita akan melakukan berbagai cara untuk mengecilkan perut buncit.

Bukan hanya memperburuk tampilan, memiliki perut buncit juga dapat memicu berbagai risiko penyakit.

Dilansir dari laman Harvard Medical School (15/2/2021), perut buncit dapat menimbulkan lebih banyak bahaya bagi wanita daripada pria.

Pernyataan tersebut berdasarkan penelitian dalam Journal of American Heart Association yang melibatkan 500.000 orang (55 persen di antaranya wanita), berusia 40-69 tahun di Inggris.

Para peneliti mengukur tubuh para peserta dan kemudian melacak siapa yang mengalami serangan jantung selama tujuh tahun ke depan.

Selama periode tersebut, wanita dengan lebih banyak berat badan di sekitar bagian tengah atau perut, memiliki risiko 10 persen hingga 20 persen lebih besar terkena serangan jantung.

Sementara itu, menurut Mayo Clinic, perut buncit pada wanita secara umum disebabkan terlalu banyak makan dan olahraga yang sedikit.

Selain itu, dapat juga karena faktor lain seperti bertambahnya usia dan menopause.

Lantas, bagaimana cara mengecilkan perut buncit pada wanita?

Cara mengecilkan perut buncit pada wanita bisa dilakukan dengan berbagai cara. Mulai dari olahraga rutin, mengonsumsi makanan yang baik, serta gaya hidup yang sehat.

Berikut cara mengecilkan perut buncit pada wanita, sebagaimana dikutip Healthline:

1. Konsumsi serat larut

Serat larut atau soluble fiber dapat menarik air ke dalam usus yang akan melunakkan tinja dan membantu buang air besar (BAB) lebih teratur.

Bukan hanya itu, serat jenis ini juga dapat membantu melawan lemak perut.

Seperti dalam penelitian di lebih dari 1.100 orang dewasa, ditemukan bahwa setiap peningkatan 10 gram asupan serat larut, lemak perut menurun sebanyak 3,7 persen dalam kurun waktu 5 tahun.

Dilansir dari Kompas.com, makanan kaya akan serat larut yang baik untuk mengecilkan perut buncit antara lain kacang hitam, alpukat, ubi jalar, brokoli, buah pir, wortel, apel, jambu biji, dan biji bunga matahari.

2. Hindari konsumsi lemak trans

Menghindari makanan dengan kandungan lemak trans atau trans fat adalah salah satu cara mengecilkan perut buncit pada wanita.

Lemak trans adalah lemak yang terbentuk saat minyak menjadi lemak padat. Lemak ini biasa ditemukan di beberapa margarin, mentega, dan kerap juga ditambahkan di makanan kemasan.

Lemak trans dikaitkan dengan beberapa gangguan kesehatan seperti penyakit jantung, resistensi insulin, dan penambahan lemak perut.

Guna membantu mengurangi perut buncit, bacalah label bahan makanan dengan hati-hati dan jauhi produk yang mengandung lemak trans.

Umumnya, lemak trans juga terdaftar dengan nama lemak terhidrogenasi parsial.

Protein adalah nutrisi yang amat penting untuk menjaga berat badan. Asupan protein dapat menurunkan nafsu makan dan meningkatkan rasa kenyang.

Protein juga membantu meningkatkan tingkat metabolisme dan membantu mempertahankan massa otot selama proses penurunan berat badan.

Beberapa penelitian termasuk dalam Journal Nutrition & Metabolism (2012), menunjukkan bahwa orang dengan konsumsi lebih banyak protein cenderung memiliki sedikit lemak perut dibanding orang dengan rendah protein.

Untuk itu, sebagai salah satu cara mengecilkan perut buncit pada wanita, pastikan untuk memasukkan sumber protein setiap kali makan.

Beberapa makanan sumber protein tersebut antara lain daging, ikan, telur, susu, dan kacang-kacangan.

4. Kurangi makanan manis

Berbicara soal mengecilkan perut buncit pada wanita, tak pantas rasanya jika tidak menyinggung makanan manis.

Makanan manis dengan banyak kandungan gula kerap dikaitkan dengan beberapa penyakit kronis jika dikonsumsi berlebihan.

Asupan gula yang tinggi juga berbanding lurus dengan peningkatan lemak perut yang menyebabkan perut buncit.

Untuk menghindari konsumsi gula berlebih, biasakan membaca label nutrisi pada kemasan.

Gula dalam makanan kemasan biasanya tercantum sebagai sirup, molase, atau kata-kata lain dengan akhiran 'osa' seperti fruktosa, glukosa, sukrosa, atau dekstrosa.

Perut buncit pada wanita tak hanya berasal dari asupan makanan sembarangan. Namun, juga dapat diperoleh dari tingkat stres yang tinggi.

Menurut Healthline, stres memicu kelenjar adrenal yang memproduksi kortisol atau hormon stres. Hormon ini dapat membuat seseorang bertambah gemuk.

Sebuah penelitian menunjukkan, kadar kortisol tinggi akan meningkatkan nafsu makan dan mendorong penyimpanan lemak di perut. Hal ini membuat perut semakin buncit.

Terlebih, pada wanita yang memiliki pinggang besar akan cenderung memproduksi lebih banyak kortisol sebagai respons terhadap stres. 

Untuk membantu mengecilkan perut buncit, cobalah melakukan aktivitas menyenangkan seperti meditasi atau yoga.

6. Olahraga melatih pinggang dan otot perut

Dilansir dari Mayo Clinic, olahraga dapat menjadi salah satu cara mengecilkan perut buncit pada wanita.

Caranya, dengan melakukan aerobik sedang seperti jalan kaki setidaknya 150 menit selama seminggu, atau aerobik berat seperti berlari selama 75 menit seminggu.

Olahraga aerobik atau kardio ini menjadi cara paling umum saat ingin mengecilkan perut buncit. 

Selain aerobik, cobalah untuk merutinkan latihan kekuatan yang melibatkan pinggang dan perut, seperti plank.

Cara tersebut, dapat membantu mencegah dan mengecilkan perut buncit, terutama pada wanita setelah menopause.

Tidur terdengar sepele bagi sebagian orang. Meski begitu, tidur adalah kegiatan wajib bagi manusia yang memiliki banyak manfaat, termasuk mengecilkan perut buncit.

Sebuah studi pada 2006 menunjukkan hubungan kurang tidur dengan penambahan berat badan pada wanita.

Studi tersebut melibatkan 68.000 wanita, dan menemukan bahwa wanita yang tidur kurang dari 5 jam per malam secara signifikan lebih mungkin mengalami penambahan berat badan dibanding wanita yang tidur 7 jam atau lebih per malam.

Oleh karena itu, usahakan untuk tidur minimal 7 jam per malam serta pastikan untuk mendapat kualitas tidur yang cukup.

https://www.kompas.com/tren/read/2022/08/01/100600965/7-cara-mengecilkan-perut-buncit-pada-wanita

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke