Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Catat, Berikut Titik Utama Kemacetan Selama Puncak Arus Balik 6-8 Mei 2022

Data tersebut diperoleh dari laporan Survei Potensi Pergerakan Orang Lebaran 2022 yang dilaksanakan oleh Kementerian Perhubungan.

Pasalnya, sejumlah aktivitas perkantoran akan kembali normal pada Senin (9/5/2022).

Selain itu, penetapan cuti bersama oleh pemerintah juga berakhir pada Jumat (6/5/2022).

Oleh karena itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengimbau kepada masyarakat yang cutinya bisa diperpanjang untuk menghindari perjalanan balik pada tanggal tersebut sebagai upaya pencegahan kepadatan kendaraan.

Selain itu, Budi juga menyampaikan agar pemudik memperhatikan dua titik utama kemacetan selama puncak arus balik.

Kedua titik kemacetan itu diperkirakan akan terjadi di tol Semarang-Jakarta dan penyeberangan Bakauheni-Merak.

"Dua titik utama yang diwaspadai terjadi kepadatan pada arus balik yaitu tol Semarang-Jakarta dan penyeberangan Bakauheni-Merak," terang Budi, dikutip dari laman Kemenhub (4/5/2022).

Diberitakan sebelumnya, Presiden Jokowi menyebutkan setidaknya 85,5 juta masyarakat yang terdiri dari 23 juta mobil dan 17 juta sepeda motor melakukan perjalanan mudik Lebaran tahun ini.

Menurut Jokowi, jumlah tersebut sangat tinggi sekali.

Adapun berdasarkan laporan Survei Potensi Pergerakan Orang Lebaran 2022 menunjukkan bahwa jumlah pemudik secara bertahap terus bertambah hingga mendekati H+5 Lebaran 2022, yang merupakan puncak arus balik.

Dilansir dari Kompas.id, hasil survei tersebut menunjukkan bahwa pada H+1 potensi mobilitas diperkirakan akan mencapai 5,2 juta pemudik.

Pada hari berikutnya, potensi mobilitas diperkirakan meningkat menjadi 6,7 juta.

Adapun pada H+3, potensi mobilitas kembali naik menjadi 7,5 juta hingga mencapai puncak arus balik yang diperkirakan melampaui 9 juta pemudik pada H+4 dan H+5 Lebaran 2022.

Diberitakan Kompas.com (4/5/2022), Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Firman Shantyabudi juga memprediksi bahwa volume kendaraan saat arus balik mudik akan sangat tinggi.

"Tanggal 6, 7, dan 8 Mei itu juga nanti akan terjadi puncak arus balik yang cukup tinggi," kata Irjen Firman.

Tak hanya Presiden Jokowi, Menhub Budi juga mengimbau agar masyarakat melakukan perjalanan balik lebih awal.

Masyarakat bisa mengambil perjalanan mudik pada H+1 hingga H+3 Lebaran 2022 untuk menghindari kemacetan.

"Bapak Presiden Joko Widodo memberikan perhatian khusus pada penanganan arus balik agar tidak terjadi kepadatan, yaitu mengimbau masyarakat untuk kembali lebih awal sebelum puncak arus balik di tanggal 6, 7 dan 8 Mei 2022 nanti," jelas Budi.

Selain itu, pihaknya juga mengingatkan agar masyarakat tidak memaksakan diri untuk menggunakan rest area di jalan tol jika sudah penuh atau berhenti di bahu jalan tol.

Pasalnya, tindakan tersebut bisa membahayakan keselamatan diri sendiri dan pengguna jalan lainnya serta menyebabkan kemacetan.

“Jika lelah, masyarakat bisa keluar tol di kota terdekat, dan bisa istirahat di tempat-tempat yang telah disiapkan. Di sini lebih aman dan leluasa,” ujar Budi.

Adapun untuk menyiasati kemacetan di penyeberangan Bakauheni-Merak, pihaknya mengimbau agar masyarakat membeli tiket penyeberangan sejak jauh-jauh hari sebelum keberangkatan.

Pemesanan tiket dapat dilakukan secara daring sehingga tidak terjadi penumpukan di area pelabuhan seperti yang terjadi pada arus mudik.

Sejumlah dermaga tambahan juga akan dioperasikan selama arus balik seperti pada saat arus mudik lalu.

"Dari arah Sumatera, Pelabuhan Panjang di Lampung akan dimaanfaatkan untuk kendaraan besar seperti truk pengangkut barang sehingga di Pelabuhan Bakauheni bisa memuat lebih banyak kendaraan, seperti mobil, bus dan sepeda motor," jelas Budi.

"Begitupun di Merak, Pelabuhan Ciwandaran dan Indah Kiat akan terus dioperasikan untuk memecah kepadatan arus balik menuju Pelabuhan Penyeberangan Merak," pungkasnya.

Jadwal one way dan ganjil genap selama arus balik

Dilansir dari Kompas.com, sejumlah rekayasa lalu lintas akan diterapkan selama puncak arus balik Lebaran 2022.

Dua di antaranya adalah penerapan one way, ganjil genap, dan larangan kendaraan truk masuk ke jalan tol.

Berikut jadwal penerapan one way dan ganjil genap selama arus balik:

https://www.kompas.com/tren/read/2022/05/04/122500865/catat-berikut-titik-utama-kemacetan-selama-puncak-arus-balik-6-8-mei-2022

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke