Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Masih Mengantuk Setelah Tidur 8 Jam? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Ada banyak alasan mengapa setelah tertidur sepanjang malam kita tetap terbangun dalam kantuk dan kelelahan.

Alasan yang paling sering terjadi adalah karena tubuh memang masih membutuhkan istirahat meski sudah tertidur selama waktu ideal rata-rata manusia.

Hal ini berkaitan dengan kebutuhan tubuh dari masing-masing orang. Ada yang sudah bisa kembali segar hanya dengan tertidur 6 jam, tapi ada yang butuh lebih dari 8 jam untuk tubuh bisa kembali bugar dan prima.

Penyebab kantuk dan lelah di pagi hari

Seperti dilansir dari Active Health, alasan kedua mengapa setiap bangun tidur rasanya lelah adalah karena Anda tak mendapatkan kualitas tidur yang bagus.

Jadi ketika Anda memiliki gangguan tidur seperti sering mimpi buruk atau kaki gelisah, biasanya Anda akan terbangun kelelahan meski sudah tidur dalam waktu ideal.

Selain itu ada pula faktor lain yang bisa menyebabkan kelelahan dan kantuk di pagi hari ini.

Mulai dari pengonsumsian alkohol dan kafein sebelum tidur, atau berolahraga terlalu larut hingga mendekati jam tidur.

Cara mengusir kantuk di pagi hari

Untuk mencegah kelelahan di pagi hari, tentu saja kita harus menghindari faktor-faktor yang bisa menjadi penyebabnya.

Jika kantuk dan lelah menyambut Anda di pagi hari, minumlah segelas air putih begitu Anda terbangun dari tidur.

Menurut Healthline, fatigue atau kelelahan bisa disebabkan karena dehidrasi. Dan minum banyak air putih bisa mengatasi dehidrasi yang ada sehingga tubuh bisa segera segar.

Kemudian, hindari pula zat gula di pagi hari. Zat gula berlebihan dalam teh dan kopi justru bisa melonjakkan glukosa dalam darah sekaligus menurunkannya dengan cepat. Hal ini akan membuat Anda jauh lebih lelah dan tak bersemangat.

Jika ingin mendongkrak semangat dengan kopi, batasi asupan kopi yang ada. Karena terlalu banyak kafein hanya akan membuat tubuh cepat lelah di siang hari.

Jika setelah kopi tubuh masih lemas, segeralah mandi matahari di teras rumah. Dengan menghirup udara pagi dan menikmati hangat sinar matahari biasanya tubuh bisa menjadi lebih aktif dan bersemangat.

https://www.kompas.com/tren/read/2022/01/05/080000165/masih-mengantuk-setelah-tidur-8-jam-ini-penyebab-dan-cara-mengatasinya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke