Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Selamat Ulang Tahun, Jimi Hendrix!

KOMPAS.com - Jimi Hendrix adalah salah satu gitaris paling berbakat yang pernah hadir di panggung musik dunia.

Di tangan Hendrix, gitar bukan hanya sebuah alat musik melainkan medium bagi jiwanya untuk mengungkapkan nada-nada dingin blues atau irama menghentak khas musik rock.

Melansir This Day in Music, kepiawaian Hendrix memainkan gitar tergambar dalam ulasan Coventry Evening Telegraph, yang mengulas aksi panggung sang gitaris kulit hitam itu saat melakukan tur di Inggris bersama Pink Floyd pada 1967.

"Dia (Hendrix) bisa memainkan gitar dengan giginya, sambil telentang di panggung, atau memainkannya di belakang punggung, dan permainannya bahkan lebih baik dibanding gitaris kebanyakan yang memainkan gitar dengan posisi konvensional," demikian ulasan Coventry Evening Telegraph.

Gitaris kelahiran Seattle

Jimi Hendrix lahir dengan nama Johnny Allen Hendrix pada 27 November 1942, di Rumah Sakit King County di Seattle, Amerika Serikat.

Dikutip Kompas.com, 18 September 2020, Hendrix diketahui menjalani masa kecil yang cukup berat. Sang ibu, Lucille, baru berusia 17 tahun ketika ia melahirkan Jimi Hendrix.

Sementara itu, ayahnya, James Allen Ross Hendrix, tidak menyaksikan kelahirannya karena harus mengikuti wajib militer.

Ketika masih anak-anak, Hendrix lebih sering diasuh oleh kerabat atau kenalan ibunya. Lucille sendiri meninggal dunia pada saat Hendrix masih berusia 15 tahun.

Jimi Hendrix adalah anak pertama dari lima bersaudara. Empat adiknya yakni, Leon, Joseph, Kathy, dan Pamela.

Namun, adik-adiknya diadopsi dan dibesarkan oleh orang tua angkat, sehingga mereka tidak tinggal bersama Jimi Hendrix maupun kedua orang tua mereka.


Musik menjadi oase

Musik menjadi satu-satunya oase Jimi Hendrix di tengah kehidupan keluarganya yang begitu sulit. Ia sangat menggemari musik rock dan mulai belajar bermain gitar.

Perkenalan pertamanya dengan dunia musik dimulai kala ia masih remaja. Ketika itu, Hendrix memungut sebuah ukulele usang dengan satu senar di kediaman seorang wanita tua.

Sementara itu, gitar elektrik pertamanya didapat saat mulai beranjak dewasa, merknya Supro Ozark.

Namun, karena Hendrix adalah seorang kidal, maka dia harus berlatih keras agar gitar itu dapat dimainkan secara terbalik.

Kehidupan Hendrix sebagai musisi dapat diibaratkan seperti kembang api yang meluncur ke langit dan meledak dengan megah, tetapi hanya berkilau sesaat.

Karier aktif Jimi Hendrix sebagai musisi papan atas unggulan hanya berlangsung empat tahun, sebelum kematiannya pada 18 September 1970.

Penampilan panggung tak tertandingi

Namun demikian, Hendrix berhasil mengubah arah musik populer dan menjadi salah satu musisi paling sukses dan berpengaruh di masanya.

Hendrix adalah seorang instrumentalis yang secara radikal mendefinisikan kembali potensi ekspresif dari gitar listrik.

Ia adalah seorang komposer jenius dari repertoar lagu klasik, mulai dari rocker yang ganas hingga balada yang halus dan kompleks.

Hendrix juga dikenang sebagai penampil konser paling karismatik di generasinya. Selain itu, dia adalah seorang visioner yang meruntuhkan batas-batas genre rock, soul, blues, dan jazz.

Gered Mankowitz, seorang fotografer, menuturkan kepada BBC bahwa penampilan dan gaya berpakaian Jimi Hendrix memancarkan aura kharismatik yang tak tertandingi.

"Dia memakai pakaian yang lagi menjadi model seperti seolah pakaian itu dibuat khusus untuk dirinya. Syalnya dari sutra, bajunya warna-warni, jaketnya seperti lukisan, dilengkapi topi menutup kepalanya," kata Mankowitz.

"Hendrix sangat avant garde (unik). Keanggunan dan seksualitas memancar dari dalam dirinya, begitu alami. Satu paket bakat dan penampilan yang luar biasa," imbuhnya.


Meninggal karena tersedak dan kesulitan bernapas

Pada medio September 1966 hingga September 1970, Jimi Hendrix tampil di lebih dari 600 pertunjukan musik.

Tak ada yang menyangka bahwa sang gitaris akan pergi begitu cepat. Kematian Hendrix di usia yang masih begitu muda pada akhirnya adalah sebuah tragedi.

Jimi Hendrix ditemukan meninggal dunia di rumah kekasihnya, Monika Dannemann, di London, Inggris pada 18 September 1970.

Danneman mengaku bersama Jimi sejak sehari sebelumnya. Keduanya minum dan mengobrol hingga menjelang pagi, sebelum akhirnya tidur.

Namun, ketika bangun, Danneman mendapati Hendrix sudah tidak sadarkan diri. Hendrix dipastikan meninggal dunia setelah dibawa ke rumah sakit dengan ambulans.

Dari hasil pemeriksaan, sang gitaris diketahui meninggal dunia karena tersedak dan kesulitan bernapas setelah mengonsumsi obat tidur dalam dosis tinggi.

Jenazah Hendrix lalu dibawa ke Seattle untuk dimakamkan. Ia dibaringkan untuk selamanya di sebelah makam ibunya di kompleks Pemakaman Greenwood pada 1 Oktober 1970.

https://www.kompas.com/tren/read/2021/11/27/170000465/selamat-ulang-tahun-jimi-hendrix-

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke