Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Sebaiknya Hindari Warna Ini Untuk Interior Dapur

Mengapa demikian? Hal itu karena warna interior dapur dapat memberi dampak psikologis bagi penghuni rumah.

Dapur merupakan salah satu area rumah yang paling sering digunakan, maka dari itu penting untuk mencermati warna interior dapur yang akan dipilih atau sudah diaplikasikan.

Saran psikolog untuk warna interior dapur

Seperti yang diungkapkan psikolog dan konsultan kesejahteraan mental Lee Chambers tentang psikologi warna interior dapur yang dikutip dari Homes & Gardens Sabtu (11/9/2021), ada beberapa warna yang sebaiknya dihindari untuk interior dapur.

"Jika menyangkut ide warna dapur, ada dua yang berpotensi dihindari, bergantung pada cara Anda menggunakan ruang," kata Chambers.

"Pertama, abu-abu gelap dan cokelat, (keduanya) dapat membuat dapur terasa dingin, tidak ramah, dan tidak mengundang, dan berpotensi menyebabkan suasana hati yang lebih rendah," imbuhnya.

Menurut Chambers, dapur adalah tempat di mana kita harus fokus pada aspek steril dan keamanan, warna-warna tersebut disebutnya bisa memberikan kesan yang kotor.

Chambers juga menyoroti penggunaan warna kuning cerah pada interior dapur. Menurutnya hal itu dapat membawa kehadiran yang cerah ke dapur dan meningkatkan kreativitas, yang mungkin dibutuhkan untuk memasak.

"Tantangan dengan warna kuning cerah adalah dapat meningkatkan tingkat stres, terutama jika kita menyulap banyak aspek dalam menyiapkan makanan atau memiliki orang di ruang yang menurut Anda menjengkelkan," jelasnya.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, kuning juga merupakan warna yang membuat mata kita lelah dan dapat menyebabkan perasaan tidak tenang, frustrasi, dan lelah jika Anda menghabiskan banyak waktu di hadapan warna tersebut.

Warna yang cocok untuk interior dapur

Sementara itu Psikolog warna dari EZ Living, Helen O'Keeffe, menyarankan agar menggunakan warna hijau untuk interior dapur. Sebab, hijau dinilai bisa memberikan nuansa optimis dan cocok untuk semua ruangan di rumah.

Sedangkan menurut Martin Waller, pendiri biro desain interior Andrew Martin, warna terang dan netral akan membuat dapur tampak lebih cerah, terutama saat dipasangkan terhadap ruang makan yang dicat gelap.

(Sumber:Kompas.com/Sakina Rakhma Diah Setiawan | Editor: Sakina Rakhma Diah Setiawan)

https://www.kompas.com/tren/read/2021/09/18/092200465/sebaiknya-hindari-warna-ini-untuk-interior-dapur

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke