Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

[HOAKS] Megawati Soekarnoputri Meninggal Dunia

Informasi yang beredar itu berupa narasi di Facebook dan unggahan video di YouTube.

Berdasarkan penelusuran Tim Cek Fakta Kompas.com, informasi bahwa Megawati Soekarnoputri meninggal dunia adalah tidak benar alias hoaks

Narasi yang beredar

Informasi yang menyebutkan bahwa Megawati Soekarnoputri meninggal dunia disebarkan di Facebook oleh akun ini dan ini.

Berikut narasi yang beredar:

"INNALILLAHI WA INNAILLAIHI ROJIIUN
TELAH BERPULANG KE RAKHMATULLAH, IBU MEGAWATI SOEKARNOPUTRI
SAMPAI JUMPA DI PENGADILAN AKHIRAT".

Berikut tangkapan layar unggahan tersebut:

Dalam video tersebut, terdengar suara narator berkali-kali mengulang pernyataan bahwa Megawati sudah meninggal, disertai cuplikan gambar yang menampilkan mobil ambulans.

Penelusuran Kompas.com

Untuk memverifikasi informasi itu, Tim Cek Fakta Kompas.com mengecek validitas video yang diunggah di YouTube dan disertakan dalam narasi yang beredar di Facebook.

Kompas.com menggunakan tools InVID untuk melakukan video fragmentation dan kemudian melakukan reverse image search terhadap potongan gambar dalam video tersebut, yang menunjukkan sebuah mobil ambulans dengan plat nomornya.

Berikut tangkapan layar gambar tersebut:

Foto tersebut dimuat di media KapanLagi.com, 3 Juli 2021:

Diberitakan Kompas.com, Jumat (10/9/2021), Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri menyatakan bahwa dirinya dalam kondisi sehat walafiat.

"Alhamdulillah saya dalam keadaan sehat walafiat, tidak kurang satu apa pun dan terima kasih atas perhatiannya dan doanya," kata Megawati dalam acara pembukaan Pendidikan Kader Madya PDI-P, Jumat (10/9/2021).

Sebelumnya, kabar yang menyebutkan bahwa Megawati sakit parah dan dirawat di rumah sakit sudah santer beredar sejak sepekan terakhir.

Megawati mengaku tidak habis pikir dengan kabar yang menyebutkan dirinya sedang dirawat karena sakit parah.

Mega mengatakan, Sekretaris Jenderal PDI-P Hasto Kristiyanto juga sempat mengaku jengkel dengan beredarnya informasi tidak benar tersebut.

"(Saya bilang) Ya jangan jengkel, anggap sajalah yang namanya menunjukkan bahwa orang tentunya ada yang suka, ada yang tidak suka kepada kita," kata Presiden kelima RI tersebut.

Kesimpulan

Berdasarkan penelusuran yang dilakukan Tim Cek Fakta Kompas.com, informasi yang menyebut Megawati Soekarnoputri meninggal dunia adalah tidak benar alias hoaks.

Dari hasil penelusuran digital, diketahui bahwa video yang beredar di YouTube dan Facebook berisi potongan gambar yang merupakan foto lama, yaitu saat prosesi pemakaman Rachmawati Soekarnoputri, adik Megawati yang meninggal dunia pada 3 Juli 2021.

Dalam acara pembukaan Pendidikan Kader Madya PDI-P, Jumat (10/9/2021), Megawati jmenyatakan bahwa ia dalam kondisi sehat.

https://www.kompas.com/tren/read/2021/09/13/113000665/-hoaks-megawati-soekarnoputri-meninggal-dunia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke