Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Awas Hangus, Besok Batas Akhir Beli Pelatihan Prakerja Gelombang 14!

KOMPAS.com - Batas akhir beli pelatihan Prakerja bagi peserta Gelombang 14 telah diumumkan.

Melalui instagram resmi Prakerja disampaikan bahwa batas akhir beli pelatihan untuk Gelombang 14 jatuh pada 15 April 2021. 

"Waktu untuk membeli pelatihan pertama hanya tinggal dua hari lagi sebelum kepesertaanmu dicabut. Beli pelatihan pertamamu sekarang juga," tulis instagram Prakerja.

Kepesertaan dicabut

Sebelumnya diberitakan, jika kepesertaan dicabut, maka akan dialihkan ke orang lain. Pada tahun lalu, gelombang 11 dibuat setelah terdapat banyak peserta yang tidak membeli pelatihan sebelum satu bulan.

Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja telah mencabut kepesertaan sekitar 11.000 orang dari gelombang 12, karena mereka tidak membeli pelatihan pertama dalam waktu 30 hari setelah ditetapkan sebagai penerima Kartu Prakerja.

Sebelumnya Head of Communications Manajemen Pelaksana Kartu Prakerja Louisa Tuhatu menyampaikan peluang dibukanya gelombang 17.

"Betul, Kartu Prakerja gelombang 17 akan dibuka jika ada kepesertaan gelombang 12-16 yang dicabut karena tidak membeli pelatihan pertama," ujar Louisa, dikutip Kompas.com, 7 April 2021.

Saldo pelatihan

Melansir laman Prakerja, peserta Prakerja bisa mendapatkan saldo pelatihan sebesar Rp 1 juta. Penerima Prakerja bisa mengeceknya secara berkala di dashboard Prakerja.

Bantuan biaya pelatihan ini tidak diterima secara tunai. Ini akan disimpan di rekening Prakerja dan hanya bisa digunakan untuk membeli pelatihan yang disediakan mitra Prakerja.

Bantuan Kartu Prakerja diberikan hanya sekali karena Kartu Prakerja hanya dapat diikuti sekali seumur hidup.

Saldo pelatihan ini hanya dapat dipakai oleh penerima Prakerja dan tidak dapat dipindahtangankan kepada orang lain.

Pelatihan Prakerja

Jika kepesertaan seseorang dicabut karena tidak membeli pelatihan Prakerja sebelum 30 hari, maka saldo bantuan pelatihan akan hangus dan akan dikembalikan ke Rekening Dana Kartu Prakerja.

Saat ini ada 7 mitra platform digital yang bisa dipilih untuk membeli pelatihan Prakerja. Harga pelatihan bervariasi.

Jika peserta masih memiliki sisa saldo setelah membeli satu pelatihan, peserta bisa membeli pelatihan lainnya hingga saldo habis.

Berikut ketujuh platform yang menyediakan pelatihan Prakerja:

https://www.kompas.com/tren/read/2021/04/14/110000765/awas-hangus-besok-batas-akhir-beli-pelatihan-prakerja-gelombang-14-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke