Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Bahan Alami yang Bisa Digunakan Mengharumkan Kabin Mobil

Jika kabin mobil pengap dan berbau tak sedap karena jamur atau bahan makanan yang masuk ke dalamnya, maka kenyamanan pun akan berkurang drastis.

Masalah ini bisa selesai dengan dua cara. Membeli pengharum mobil yang banyak tersedia di pasaran, atau mencoba berhemat dengan membuat sendiri pengharum ruangan dari bahan-bahan alami.

Seperti yang diberitakan Kompas.com (10/08/2020), CEO Topcoat Indonesia, Christopher Sebastian,  mengatakan bahwa untuk pengharum mobil, sebaiknya menggunakan wangi dari aroma terapi.

Aroma terapi ini tentunya bisa didapatkan dari bahan-bahan alami yang ada di sekitar kita. Seperti kopi juga sereh.

1. Kopi

Aroma kopi bisa menyegarkan saraf dan membangkitkan semangat. Di samping itu, aroma kopi yang kuat juga bisa digunakan untuk menetralisir bau tak sedap yang ada di lingkungan sekitar kita termasuk kabin mobil.

Itu sebabnya, kopi sering ditaburkan di pojok-pojok rumah untuk menghilangkan bau tak sedap dari kotoran tikus atau hewan peliharaan.

Nah untuk mobil, tentunya kita tak bisa menaburkan begitu saja biji kopi di pojok-pojok kabin karena bisa mengotori karpet. 

Caranya, ambil biji kopi dan letakkan ke dalam tempat pengharum mobil jenis gel yang sudah tak terpakai lagi. Atau, letakkan biji kopi di kain yang berlubang sehingga aroma kopi bisa menguar maksimal.

2. Sereh

Sereh mengandung minyak atsiri yang berguna untuk meningkatkan fungsi saraf. Selain itu, aroma dari sereh juga bisa digunakan untuk mengusir bau tak sedap.

Untuk mengharumkan kabin mobil, ambil beberapa tangkai sereh kemudian letakkan di dalam wadah. 

Posisikan wadah berada di tempat yang tidak gampang tersenggol dan tumpah, semisal di bawah jok atau di belakang jok penumpang.

3. Kayu manis

Dalam laman Healthline disebutkan berbagai manfaat kayu manis. Salah satunya adalah untuk menenangkan saraf yang kencang dan antibakteri.

Wangi kayu manis bisa digunakan untuk mengharumkan kabin mobil. Anda bisa menggunakan kayu manis utuh maupun yang sudah dalam bentuk bubuk.

Letakkan kayu manis bubuk dalam toples kecil yang tutupnya berlubang dan tempatkan pada sudut mobil yang dilalui aliran udara.

Untuk kayu manis utuh, Anda bisa mengikatnya dengan tali rami dan menggantungkannya di dalam mobil.

4. Bunga melati

Wangi bunga melati bisa menenangkan saraf yang kencang dan membantu mengatasi kecemasan. Karena faktor inilah, wangi melati cocok diletakkan di dalam kabin untuk membantu si pengemudi tetap tenang dalam berkendara.

Selain itu tentu saja, wangi melati cukup kuat, sehingga bisa digunakan untuk menghalau bau tak sedap dalam mobil.

Untuk pengaplikasiannya hampir sama dengan kopi dan sereh. Ambil beberapa kuntum melati dan letakkan di sudut-sudut mobil.

Gantungkan pula melati di dekat pendingin udara agar aromanya bisa menyebar sempurna.

Selain bisa mengusir bau tak sedap dan baik untuk saraf, pengharum mobil dari bahan alami ini juga aman untuk interior kabin.

https://www.kompas.com/tren/read/2021/03/13/130500765/4-bahan-alami-yang-bisa-digunakan-mengharumkan-kabin-mobil

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke