Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Twit Viral WNA Ajak Turis ke Bali Saat Pandemi, Ini Respons Sandi Uno

KOMPAS.com - Unggahan dari seorang warga negara asing (WNA) yang tinggal di Bali viral di media sosial Twitter, dalam beberapa hari terakhir. 

Penyebabnya, ia mengajak turis asing untuk berkunjung ke Bali dan mengikuti jejaknya meski dalam situasi pandemi Covid-19.

Melalui akun Twitter-nya @kristentootie, Kristen Gray juga menceritakannya pengalamannya pindah ke Bali pada 2019 setelah kehilangan pekerjaan.

Selama di Pulau Dewata, ia mengaku bekerja di bidang desain grafis dan menikmati hidup yang serba murah dibandingkan di AS.

Dalam penutupnya, ia juga menautkan link e-book karyanya berjudul "Our Bali Life is Yours" dengan harga 30 dollar AS dan berisi mengenai cara agar bisa mencapai mimpi yang sama.

Warganet pun mengecam sikap Kristen Gray, karena pandemi di Indonesia belum mereda.

Hingga saat ini, kata "Kristen Gray", "Bule", dan "Bali" menduduki kata populer di Twitter.


Respons Kemenparekraf

Menanggapi hal itu, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menegaskan, pihaknya mengapresiasi bahwa Indonesia sebagai destinasi wisata.

"Kemenparekraf tentunya mengapresiasi Indonesia sebagai tujuan destinasi wisata, apalagi bicara Bali, kelasnya kan kelas dunia," kata Sandiaga dalam sebuah pernyataan yang diterima Kompas.com, Senin (18/1/2021).

Akan tetapi, ia meminta agar para wisatawan, baik lokal maupun mancanegara untuk selalu mematuhi aturan hukum dan protokol kesehatan Covid-19 yang berlaku.

Sandiaga menuturkan, Indonesia memang menjadi salah satu pilihan destinasi wisata workcation, yaitu bekerja sembari berlibur.

"Saya mendapat kabar dari salah satu kantor 80 persen dari pegawai ekspatriatnya memutuskan untuk tinggal di Bali bekerja sebagai remote working," ujarnya.

"Ini harus kita sikapi baik-baik, bahwa setiap kegiatan di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif mengacu pada hukum dan perundang-undangan yang berlaku," lanjutnya.

Oleh karena itu, ia meminta agar semua orang tidak terpecah belah oleh isu-isu yang bisa menimbulkan pro dan kontra.

Sandiaga juga mengajak seluruh masyarakat untuk sama-sama membangkitkan kembali sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Tentunya setelah dari sisi kesehatannya kita pulih dari Covid-19," tuturnya.

https://www.kompas.com/tren/read/2021/01/18/172500565/twit-viral-wna-ajak-turis-ke-bali-saat-pandemi-ini-respons-sandi-uno

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke