Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bolehkah Kita Menggunakan Kata “Jangan” Saat Melarang Anak?

KOMPAS.com – Mendampingi anak tumbuh bukanlah perkara yang mudah.

Hal ini karena bagaimana orang tua bersikap dan berbicara dapat mempengaruhi perkembangan anak saat dewasa nanti.

Banyak pendapat mengatakan, saat berbicara kepada anak, sebaiknya orang tua menghindari kata ‘jangan’ saat melarang anak-anak dalam melakukan sesuatu.

Lantas benarkah seseorang sebaiknya tidak menggunakan kata ‘jangan’ saat melarang anaknya?

Psikolog dari Fakultas UI Rose Mini Adi Prianto mengatakan, hal tersebut tergantung dari bagaimana kondisi si anak.

“Pada usia-usia tertentu anak kadang-kadang kalau dikatakan mau kiri atau kanan? Dijawab kanan, ikut yang belakang. Tapi juga pada usia-usia tertentu, anak kalau dikatakan sesuatu malah melakukan hal sebaliknya,” ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Jumat (25/9/2020).

Untuk menghadapi anak yang melakukan segala sesuatu yang justru kebalikan dari yang diperintahkan orang tua, maka menurut Romi saat melarang anak yang demikian sebaiknya orang tua tidak menggunakan kata 'jangan'.

“Kan kalau jangan artinya tidak boleh. Jadi, kata yang bisa dikatakan orang tua diawali: Boleh tapi setelah ini, atau Boleh melakukan itu tapi adik makan dulu ya sekarang,” ujarnya.

Ia melanjutkan memang banyak anak yang seperti ‘alergi’ dengan kata jangan.

“Itu sangat tergantung pada anaknya ada yang memang suka seperti itu tapi ada pula anak yang bisa menuruti. Tapi saat usia bisa berargumentasi dia akan bertanya mengapa enggak boleh,” terangnya.

Sementara itu, psikologi dari Lembaga Psikologi Anava, Solo, Jawa Tengah, Maya Savitri  menilai boleh tidaknya penggunaan kata ‘jangan’ menurutnya tergantung dari konteks.

“Kalau diucapkan dengan nada marah, berulang, akan membuat anak jadi takut untuk berbuat salah,” tuturnya saat dihubungi terpisah, Jumat (25/9/2020).

Akan tetapi jika pengucapannya diucapkan dengan nada yang pelan dengan intonasi rendah serta disertai dengan penjelasan sebab akibat yang logis, menurutnya hal itu tidaklah masalah.

Lebih lanjut Maya menjelaskan ada beberapa cara yang baik yang bisa dilakukan orang tua saat melarang anaknya, di antaranya:

https://www.kompas.com/tren/read/2020/09/26/120700265/bolehkah-kita-menggunakan-kata-jangan-saat-melarang-anak-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke