Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

15 Kabar Baik Dunia di Tengah Pandemi Virus Corona, Apa Saja?

KOMPAS.com - Wabah virus corona atau Covid-19 telah digambarkan sebagai krisis kesehatan global yang parah. Sebab hampir tidak ada negara yang luput dari infeksi virus yang berawal dari Wuhan, China tersebut. 

Banyak negara mengambil tindakan cepat dalam upaya menghentikan penyebaran virus, termasuk menjaga jarak sosial, menutup bar, restoran, dan sekolah.

Dilansir dari Elle, situasi terus berubah tiap jamnya di mana sejumlah berita menyajikan informasi terkini seputar virus corona.

Berita yang tayang ditujukan untuk memberi informasi kepada publik tentang perkembangan terakhir dalam berita global yang meningkat dengan cepat.

Selama masa pandemi yang tidak pasti kapan berakhir ini, cara terbaik agar tidak lekas resah atau takut dengan pemberitaan media, yakni mengetahui berita baik yag berhubungan dengan virus corona di dunia yang telah dirangkum.

Berikut 15 kabar baik yang terjadi di dunia di tengah wabah virus corona:

1. Pegunungan Himalaya terlihat jernih untuk pertama kali

Menurut CNN, penduduk setempat di wilayah Punjab di India mengaku dapat melihat Pegunungan Himalaya untuk pertama kalinya dalam beberapa dekade karena berkurangnya tingkat polusi sejak kuncian Covid-19 di negara Bollywood itu.

Delhi diyakini telah mengalami pengurangan polusi udara sebanyak 44 persen di hari pertama atau lebih sejak karantina wilayah (lockdown)

2. Sumbangan individu yang cukup besar

Sejumlah orang berpenghasilan tinggi turut memberikan sumbangan besar untuk memerangi virus corona.

Sejauh ini, orang-orang tersebut antara lain, Rihanna yang telah menyumbangkan 2 juta dollar AS atau sekitar Rp 30,8 miliar untuk membantu para korban KDRT yang terdampak dalam lockdown di Los Angeles.

Penyanyi Clara Lionel Foundation bekerja sama dengan pendiri Twitter, Jack Dorsey untuk mencocokan donasi dengan Dana Wali Kota.

Sebelumnya, penyanyi tersebut telah menyumbangkan 5 juta dollar AS atau sekitar Rp 77,2 miliar untuk berbagai organisasi, termasuk WHO, Feeding America, dan Komite Penyelamatan Internasional.

Kemudian, jutawan muda, Kylie Jenner membantu menyumbangkan 1 juta dollar AS atau sekitar Rp 15,4 miliar ke rumah sakit di Los Angeles untuk membantu lebih banyak masker dan pakaian pelindung bagi staf medis yang bekerja di sana.

3. Dokter memasang foto diri dengan wajah tersenyum di APD mereka

Di saat staf medis di seluruh dunia mengenakan APD (alat pelindung diri) seperti masker dan terusan untuk menjaga diri mereka aman saat mereka merawat pasien dengan Covid-19, beberapa telah memilih untuk menempatkan foto diri mereka tersenyum, bersama dengan nama mereka, untuk menempatkan pasien yang khawatir merasa nyaman.

Dokter darurat ini dari San Diego, California membagikan fotonya di Instagram, menulis bahwa para pasiennya sekarang dapat 'melihat senyum yang meyakinkan dan menghibur'.

4. Ratu Elizabeth menyampaikan pidato historis

Di tengah pandemi virus corona, Ratu Elizabeth menyampaikan pidato yang berisi bahwa negara itu akan berhasil dalam mengatasi Covid-19 dan ia berterima kasih kepada petugas Layanan Kesehatan Nasional (NHS) dan beberapa pekerja inti atas pengobanan mereka yang tidak kenal lelah.

Salah satu pesan yang paling mengguggah adalah harapan dari Ratu yang kini berusia 93 tahun itu.

"Kita harus menghibur bahwa sementara kita mungkin masih memiliki lebih banyak hal untuk bertahan, hari-hari yang lebih baik akan kembali. Kita akan bersama teman-teman kita lagi, kita akan bersama keluarga kita lagi, dan kita akan bertemu lagi," ujar Ratu.

Adapun pidato tersebut ditonton oleh 24 juta pemirsa.

5. Kelas Memasak Gratis

Sejumlah koki dan restoran menawarkan kelas memasak gratis untuk memberi masyarakat inspirasi makanan saat tindakan lockdown berlangsung.

Salah satu pihak yang mendukung adaya kelas memasak online yakni Wagamama. Mereka melangsungkan kelas memasak yang rutin ditayangkan tiap minggunnya di televisi.

6. Kisah pemulihan pasien Covid-19

Salah satu orang yang paling rentan atau berisiko tinggi dalam gejala paling parah dari virus corona yakni lansia berusia di atas 70 tahun.

Tetapi ada beberapa kisah yang menggembirakan dan mengharukan dari pasien sepuh yang dilaporkan sembuh setelah dirawat di rumah sakit akibat infeksi virus corona.

Berdasarkan laporan yang diterima, seorang wanita berusia 102 tahun di Genoa, Italia, selamat dan berhasil sembuh dari penyakit Covid-19.

Kemudian, wanita berusia 103 tahun juga dilaporkan sembuh setelah seminggu dirawat di rumah sakit di Iran.

7. Musisi Dolly Parton berinvestasi dalam riset virus corona

Musisi musik country legendaris, Dolly Parton menyampaikan di akun Instagram miliknya bahwa ia telah menyumbangkan 1 juta dollar AS atau sekitar Rp 15,4 miliar untuk Universitas Vanderbilt di Tennessee di mana mereka tengah meneliti obat/vaksin yang berpotensi menyembuhkan virus corona.

8. Formula satu (F1) membuat alat bantu pernapasan untuk NHS

University College London dan Mercedes F1 telah membuat alat bantu pernapasan untuk pasien virus corona yang mengangkut oksigen ke paru-paru pada Senin (13/4/2020).

Dengan alat bantu ini sekaligus mengurangi kebutuhan akan ventilator.

Menurut BBC, perangkat ini dibuat dalam waktu kurang dari seminggu, dan 40 di antaranya telah dikirim ke beberapa rumah sakit di London.

Perusahaan lain, termasuk Rolls Roycem sistem BAE dan FORD telah berjanji untuk memproduksi ventilator untuk NHS.

9. Jerman bantu Italia dan Perancis

Sejumlah informasi yang rilis dari Italia, khususnya, selama seminggu terkahir ini sangat memprihatinkan dengan tingkat kematian pasien virus corona tertinggi di dunia.

Jerman yang bertetangga dengan Italia, telah menawarkan bantuan untuk menerima pasien dari Italia dan juga Perancis dengan dibantu oleh angkatan udara untuk mengangkut pasien ke rumah sakit di negara itu.

10. China telah membuka sebagian aktivitas

Kota Wuhan, China, yang merupakan pusat penyebaran virus corona pertama kali, kini perlahan-lahan telah kembali normal setelah beberapa bulan terkarantina dengan stasiun kereta yang kembali dibuka.

Ibu kota negara tersebut, Beijing, juga perlahan-lahan mulai dibuka kembali dengan pembukaan sejumlah lokasi wisata, termasuk tembok besar China.

11. Ratusan ribu relawan mendaftar untuk membantu NHS

Sekretaris Kesehatan Inggris, Matt Hancock mengumumkan upaya untuk merekrut 250.000 sukarelawan untuk membantu NHS seperti mengumpulkan pasien dari rumah sakit, memberikan obat-obatan kepada orang yang berada di dalam kelompon rentan dan melakukan isolasi diri.

Para relawan juga diminta memanggil orang yang melakukan isolasi sendiri yang mungkin berisiko mengalami kesepian.

Pada Sabtu (18/4/2020) mlam, Direktur Medis NHS, Profesor Stephen Powis mengumumkan bahwa mereka telah menerima 170.000 aplikasi relawan yang mendaftar.

Produser dari serial drama Holby City dan Casualty, Mervyn Watson-Tony McHale, dikabarkan mereka akan meyumbangkan peralatan pelindung medis kepada staf NHS.

Berdasarkan laporan yang diterima, APD, seperti baju hazmat dan masker akan dikirim ke staf NHS yang bekerja di garis depan.

Banyak bagian Italia, termasuk Venice atau Venesia, telah dikunci selama berminggu-minggu karena Italia bertarung dengan wabah virus corona yang parah di negara itu.

Penduduk setempat telah memperhatikan betapa jernihnya air muncul, mungkin karena kurangnya perahu motor dan gagak umum dan polusi.

Perairan yang lebih jernih ini bahkan telah menyebabkan satwa liar muncul di kanal dengan angsa, ikan, dan lainnya yang terlihat belakangan ini.

Selama akhir pekan di Inggris, jaringan supermarket termasuk Sainsbury's dan Asda mengeluarkan peringatan untuk meminta orang tidak menimbun barang yang tidak perlu.

Mereka mengulangi bahwa harus ada persediaan yang cukup untuk semua orang selama orang hanya membeli apa yang mereka butuhkan.

Di tengah meningkatnya kekhawatiran bahwa orang lanjut usia dan rentan akan kehilangan pasokan penting karena tren penimbunan, yang telah mencapai tingkat yang mengkhawatirkan di Australia, salah satu rantai supermarket terbesar di negara itu membuka jam khusus untuk mereka yang membutuhkannya.

Woolworths mengumumkan, setiap pukul 07.00-08.00 akan menjadi jam belanja khusus di tokonyauntuk membantu mendukung kebutuhan para lansia dan orang-orang cacat di masyarakat.

Sebuah toko lokal di Stenhousemuir, Falkirk di Skotlandia memberikan 'kit Covid-19' gratis bagi mereka yang berusia di atas 65 tahun.

Kit berisi gel tangan dan tisu pembersih dan pemilik toko Asiyah dan Jawad Javed telah keluar dan sekitar di daerah setempat mendistribusikan paket.

"Kami hanya berusaha membantu orang yang tidak bisa keluar rumah," kata Asiyah kepada The Independent.

https://www.kompas.com/tren/read/2020/04/20/080000165/15-kabar-baik-dunia-di-tengah-pandemi-virus-corona-apa-saja

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke