Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tentang Samba, Tarian yang Jadi Julukan Timnas Brasil

Kompas.com - 28/11/2022, 11:00 WIB
Josephus Primus

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com -  Samba adalah julukan Brasil dengan kekuatan tim nasional sepak bolanya menjadi salah satu unggulan di Piala Dunia Qatar 2022.

Tim nasional Brasil membuka penyisihan grup Piala Dunia Qatar 2022 dengan kemenangan apik melawan Serbia, 2 gol tanpa balas.

Baca juga: Asal Muasal Jogo Bonito, Tuah Pele untuk Brasil

Brasil, masih menyematkan julukan "Jogo Bonito" atau "bermain cantik".

Namun negitu, Brasil lekat juga dengan julukan samba.

Sebagaimana informasi dari bahan bacaan Kompas.com edisi 6 Juli 2022, samba adalah jenis tarian tradisional Brasil.

Penyerang Timnas Brasil, Richarlison (kiri) dan Vinicius Junior mengejar bola dalam pertandingan melawan Serbia pada penyisihan Grup G Piala Dunia 2022 di Lusail Stadium, Lusail, Doha, Jumat (25/11/2022) dini hari WIB.AFP/GIUSEPPE CACACE Penyerang Timnas Brasil, Richarlison (kiri) dan Vinicius Junior mengejar bola dalam pertandingan melawan Serbia pada penyisihan Grup G Piala Dunia 2022 di Lusail Stadium, Lusail, Doha, Jumat (25/11/2022) dini hari WIB.

Samba

Pada 1962, Brasil menjadi negara kedua yang berhasil mempertahankan gelar juara Piala Dunia.GETTY IMAGES via BBC INDONESIA Pada 1962, Brasil menjadi negara kedua yang berhasil mempertahankan gelar juara Piala Dunia.

Berkembang sejak tahun 1500 Masehi, samba menjadi identitas kultural Brasil.

Tarian ini adalah racikan kebudayaan tak benda dari Afrika dan Eropa.

Adalah penjajah Portugal yang membawa budak asal Afrika ke kawasan Brasil.

Para budak itu membawa kesenian tarian mereka.

Pada 1920, Samba, tarian hasil percsmpuran budaya ini pun kian populer.

Timnas Brasil merayakan kemenangan atas Serbia pada laga Grup G Piala Dunia 2022 di Stadion Lusail, Doha, Qatar, Juma (25/11/2022) dini hari WIB. Duel Brasil vs Serbia berakhir dengan skor 2-0. (Foto oleh NELSON ALMEIDA / AFP)AFP/NELSON ALMEIDA Timnas Brasil merayakan kemenangan atas Serbia pada laga Grup G Piala Dunia 2022 di Stadion Lusail, Doha, Qatar, Juma (25/11/2022) dini hari WIB. Duel Brasil vs Serbia berakhir dengan skor 2-0. (Foto oleh NELSON ALMEIDA / AFP)

Demi mengiringi tari samba, sedikitnya tiga alat musik dipergunakan.

Selain gitar, alat musik senar cavaquinho (khas Protugal), serta perkusi tamborin adalah kebutuhan untuk tari samba.

Budaya Amerika pasca-perang kemerdekaan memberi sumbangan alat musik tiup untuk mengiringi tari samba.

Gerakan samba yang berupa gerakan maju dan mundur serta berputar dinamis dengan ekspresi ceria lantas menjadi inspirasi gaya sepak bola Brasil.

Penyerang Brasil, Neymar, memakai nomor legendaris Brasil untuk Piala Dunia ketiga secara beruntun saat menghadapi Serbia pada Jumat (25/11/2022) dini hari WIB.AFP/JEWEL SAMAD Penyerang Brasil, Neymar, memakai nomor legendaris Brasil untuk Piala Dunia ketiga secara beruntun saat menghadapi Serbia pada Jumat (25/11/2022) dini hari WIB.

Para pemain sepak bola Brasil terkenal dengan gaya individual mereka yang juga punya gerak ke gawa lawan secara seerhana tapi membuahkan gol.

Gegara gaya samba itulah, tim nasional Brasil mendapat julukan Tim Samba.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com