Tim Review PPON Lakukan Tes Pengukuran Atlet Jelang SEA Games Vietnam

Kompas.com - 22/04/2022, 00:50 WIB

KOMPAS.com - Tim review Peningkatan Prestasi Olahraga Nasional (PPON) telah melakukan proses pengukuran atlet menjelang SEA Games 2021 Hanoi, Vietnam.

Tes pengukuran atlet itu dilaksanakan di Laboratorium Sports Science dan GOR Universitas Negeri Jakarta pada 28-29 Maret dan 31 Maret-1 April 2022.

Setidaknya ada 15 cabang olahraga (cabor) yang atletnya telah mengikuti tes pengukuran tersebut, seperti atletik, renang, angkat besi, judo, finswimming, menembak, dan voli pantai.

Selain itu, ada juga atlet-atlet dari cabor panahan, surfing, panjat tebing, wushu, e-sport, balap sepeda, tenis, hingga triathlon.

Baca juga: SEA Games 2021, Indonesia Kirim Atlet Berdasarkan Data dan Riwayat Prestasi

Dalam prosesnya, tes pengukuran atlet menjelang SEA Games 2021 Vietnam melibatkan para tenaga ahli sport science dari Universitas Negeri Jakarta (UNJ), Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), dan Universitas Negeri Surabaya (Unesa).

Ini adalah kali pertama tiga perguruan tinggi terkemuka di Indonesia yang masing-masing memiliki Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) bekerja sama dalam melaksanakan tes pengukuran atlet.

Tes pengukuran dilakukan untuk mengetahui sejauh mana perkembangan aspek kesehatan, fisik, dan psikologis atlet selama mengikuti Pelatnas dari Januari-Maret 2022.

Tes ini juga merupakan tahap lanjutan dalam proses perekomendasian atlet yang akan diberangkatkan ke Vietnam untuk mengikuti SEA Games pada 12-25 Mei mendatang.

Baca juga: Kinerja Tim Review PPON Kemenpora Sudah Sejalan dengan DBON

Sebelumnya, tim review PPON telah melakukan interview rekam jejak terhadap para atlet.

Hasil analisa tes dan pengukuran atlet kemudian dipaparkan langsung oleh tim review PPON kepada menajer, pelatih, pelatih fisik, dokter, dan psikolog cabor pada 12-13 April 2022.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.