Kompas.com - 21/10/2021, 10:00 WIB
Pemain bola voli putra Jawa Timur Rendy Tamamilang saat melawan Sumatera Utara PON XX Papua 2021 yang berakhir dengan skor 2-0 GOR Voli Indoor Koya Koso Kota Jayapura, Kamis 30/9/2021) sore. KOMPAS.com/SUCI RAHAYUPemain bola voli putra Jawa Timur Rendy Tamamilang saat melawan Sumatera Utara PON XX Papua 2021 yang berakhir dengan skor 2-0 GOR Voli Indoor Koya Koso Kota Jayapura, Kamis 30/9/2021) sore.

KOMPAS.com - Libero merupakan salah satu posisi dalam permainan bola voli. Ketika tim menggunakan formasi 4-1-1, seorang pemain berposisi libero memiliki tugas khusus.

Bola voli adalah jenis permainan beregu. Olahraga ini dimainkan oleh dua tim atau regu secara berlawanan.

Jumlah pemain bola voli adalah 6 (enam) orang di setiap tim yang berada di lapangan.

Dilansir dari situs resmi Federasi Bola Voli Internasional (FIVB), starting line-up tim voli saat melakoni pertandingan terdiri dari satu orang setter atau tosser, dua orang blocker, dua orang defender atau receiver, dan satu orang universal player.

Namun, nama posisi pemain voli saat pertandingan akan selalu berubah-ubah karena mereka harus melakukan rotasi.

Baca juga: Pola Penyerangan 4Sm-2Su dalam Bola Voli

Rotasi adalah pergeseran posisi pemain yang dilakukan saat tim mendapatkan giliran melakukan servis setelah memenangi sebuah rally atas tim lawan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Rotasi dilakukan sekali searah jarum jam dengan pergerakan posisi mengacu pada posisi awal setiap pemain pada awal set (game). Alur rotasi ini berlaku kepada semua pemain di lapangan, kecuali libero.

Tugas libero dalam formasi 4-1-1

Pemain berposisi libero terlihat menonjol dalam sebuah tim bola voli karena menggunakan warna seragam berbeda dibandingkan rekan setimnya.

Adapun, libero adalah pemain yang bertugas mengontrol pertahanan dalam bola voli, termasuk memiliki tugas mengejar bola pertama yang mengarah ke area permainannya.

Jadi, tugas utama seorang libero dalam permainan bola voli adalah mengatur dan mengendalikan seluruh lini pertahanan.

Baca juga: Cara Melakukan Dump Smash dalam Bola Voli

Pemain bola voli putra Jawa Timur saat melawan Sumatera Utara PON XX Papua 2021 yang berakhir dengan skor 2-0 GOR Voli Indoor Koya Koso Kota Jayapura, Kamis 30/9/2021) sore.KOMPAS.com/SUCI RAHAYU Pemain bola voli putra Jawa Timur saat melawan Sumatera Utara PON XX Papua 2021 yang berakhir dengan skor 2-0 GOR Voli Indoor Koya Koso Kota Jayapura, Kamis 30/9/2021) sore.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.