Kompas.com - 19/10/2021, 08:15 WIB
Pemain bola voli putra Jawa Timur Rendy Tamamilang saat melawan Sumatera Utara PON XX Papua 2021 yang berakhir dengan skor 2-0 GOR Voli Indoor Koya Koso Kota Jayapura, Kamis 30/9/2021) sore. KOMPAS.com/SUCI RAHAYUPemain bola voli putra Jawa Timur Rendy Tamamilang saat melawan Sumatera Utara PON XX Papua 2021 yang berakhir dengan skor 2-0 GOR Voli Indoor Koya Koso Kota Jayapura, Kamis 30/9/2021) sore.

KOMPAS.com - Taktik dan strategi merupakan dua hal penting dalam permainan bola voli. Ketika bertanding, sebuah tim bola voli harus memiliki pola penyerangan dan pertahanan yang tepat untuk diterapkan.

Dikutip dari Modul Tema 11 Meraih Kebugaran Pada Permainan Bola (2020), pola penyerangan dalam permainan bola voli dapat dilakukan dengan menggunakan teknik dasar seperti servis dan smash.

Sementara itu, pola pertahanan dapat dilakukan dengan menggunakan teknik dasar seperti passing dan block.

Dalam artikel ini, akan dibahas mengenai pola penyerangan dalam permainan bola voli.

Baca juga: Aturan Servis Bola Voli yang Mengenai Net

Pola penyerangan bola voli

Bola voli adalah permainan beregu yang dimainkan oleh dua tim secara berlawanan. Jumlah pemain bola voli adalah 6 (enam) orang yang berada di lapangan.

Tim yang dinyatakan sebagai pemenang adalah tim yang mampu mengumpulkan poin terbanyak.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Salah satu cara untuk mendapatkan poin dalam permainan bola voli adalah melalui serangan.

Agar bisa menghasilkan poin, serangan tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Artinya, serangan harus menggunakan pola tertentu.

Pola serangan merupakan berbagai usaha yang dilakukan secara perorangan maupun kelompok dalam suatu tim untuk mematikan lawan.

Baca juga: Sikap Kedua Lutut Jelang Membendung Bola Voli

Tugas dan fungsi pemain saat menyerang

Ketika melakukan serangan, setiap pemain memiliki tugas dan fungsinya masing-masing. Saat menyerang, tugas dan fungsi pemain bola voli dibedakan menjadi tiga yaitu:

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.