Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejarah Hari Olahraga Nasional atau Haornas

Kompas.com - 09/09/2021, 11:50 WIB
Ervan Yudhi Tri Atmoko

Penulis

KOMPAS.com - Hari Olahraga Nasional atau Haornas diperingati bangsa Indonesia pada setiap tanggal 9 September. Tahun ini merupakan peringatan Haornas ke-38.

Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali mengatakan bahwa tema peringatan Haornas ke-38 tahun ini adalah Desain Besar Olahraga Nasional (DBON) Menuju Indonesia Maju.

"Kenapa tema ini kami angkat menjadi tema Haornas ke-38, karena rencananya besok (Kamis, 9/9/2021) Desain Besar Olahraga Nasional ini akan dimulai implementasinya dan akan disampaikan oleh bapak presiden atau kick off dimulainya implementasi DBON,” kata Zainudin Amali, dikutip dari laman resmi Kemenpora.

Zainudin menambahkan, DBON diharapkan menjadi jaminan prestasi olahraga Indonesia.

"Dengan desain besar olahraga nasional ini, kita mempunyai kepastian, mempunyai jaminan bahwa itu terstruktur dan terencana dengan baik dan jangka panjang," kata Zainudin.

"Jadi, misalnya di tingkat (atlet) elite nasional itu pasti kita siapkan lapisannya kedua, ketiga dan berikutnya. Itu namanya terdesain," ujar Zainudin.

Baca juga: Perhatian Pemerintah Jadi Kunci Sukses Indonesia di Paralimpiade Tokyo

Sejarah Haornas

Dilansir dari TribunNews.com, Hari Olahraga Nasional diperingati setiap tanggal 9 September melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 67 Tahun 1985.

Hari Olahraga Nasional merupakan wujud nyata kepedulian pemerintah akan pentingnya pendidikan olahraga.

Penetapan Hari Olahraga Nasional tak lepas dari penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) pertama di Surakarta, Jawa Tengah, pada 9-12 September 1948.

Sebelum ditetapkan hari peringatannya setiap tanggal 9 September, telah muncul usulan untuk memperingati Haornas setiap tanggal 8 September.

Pada tanggal 16-17 Mei 1983, diadakan Sidang Paripurna KONI XIII di Senayan, Jakarta.

Dilansir dari Kompaspedia, dalam sambutan tertulis pembukaan sidang, Sri Sultan Hamengku Buwono IX yang saat itu menjabat Ketua Umum KONI Pusat mengusulkan tanggal 10 September sebagai Hari Olahraga Nasional.

Baca juga: Sejarah Pekan Olahraga Nasional atau PON

Usulan tentang Hari Olahraga Nasional itu berdasarkan pada harapan untuk menempa semangat berolahraga di masyarakat serta peningkatan prestasi.

Sidang tersebut memutuskan Pekan Olahraga Nasional (PON) XI dilaksanakan di Jakarta mulai tanggal 8 September sekaligus ditetapkan sebagai Hari Olahraga.

Pemilihan tanggal 8 September sesuai dengan informasi yang digunakan pada saat itu bahwa PON pertama di Surakarta dimulai pada 8 September 1948.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com