Profil Chen Long, Juara Bertahan Olimpiade Penakluk Anthony Ginting

Kompas.com - 01/08/2021, 13:09 WIB
Pebulu tangkis tunggal putra China, Chen Long melawan tunggal putra Indonesia, Tommy Sugiarto dalam babak kedua Blibli Indonesia Open 2019 di Istora Senayan, kompleks GBK, Jakarta, Rabu (17/7/2019). KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGPebulu tangkis tunggal putra China, Chen Long melawan tunggal putra Indonesia, Tommy Sugiarto dalam babak kedua Blibli Indonesia Open 2019 di Istora Senayan, kompleks GBK, Jakarta, Rabu (17/7/2019).

KOMPAS.com - Chen Long berhasil mengalahkan wakil Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting, pada semifinal badminton Olimpiade Tokyo 2020. Tunggal putra nomor satu China itu pun berpeluang mempertahankan medali emas.

Chen Long yang kini berusia 32 tahun datang ke Olimpiade Tokyo 2020 dengan status juara bertahan.

Lima tahun lalu pada Olimpiade Rio 2016, Chen Long sukses meraih medali emas cabang olahraga (cabor) bulu tangkis nomor tunggal putra.

Pada partai final tunggal putra badminton Olimpiade Rio 2016, Chen Long mampu menundukkan Lee Chong Wei (Malaysia) dalam pertarungan dua gim yang berakhir dengan skor 21-18, 21-18.

Baca juga: Takluk dari Juara Bertahan, Anthony Ginting Terhenti di Semifinal Olimpade Tokyo 2020

Kemenangan itu tak hanya membuat Chen Long berhak atas medali emas, tetapi juga menebus kegagalan pada Olimpiade London 2012 sekaligus membalas kekalahan dari Lee Chong Wei.

Langkah Chen Long pada Olimpiade London 2012 harus terhenti pada semifinal usai dihentikan Lee Chong Wei dengan skor 13-21, 14-21.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ia akhirnya harus puas dengan medali perunggu setelah mengandaskan perlawanan tunggal putra Korea Selatan, Lee Hyun-il, pada perebutan tempat ketiga.

Pada Olimpiade Tokyo 2020, Chen Long menempati unggulan keenam, di bawah Anthony Ginting yang menjadi unggulan kelima.

Tergabung di Grup N, Chen Long tampil perkasa sejak babak penyisihan grup di mana ia sukses meraih kemenangan atas Pablo Abian (Spanyol) dan Raul Must (Estonia).

Baca juga: Viktor Axelsen Ukir Rekor Baru Usai Lolos ke Final Badminton Olimpiade Tokyo

Pada babak 16 besar, pebulu tangkis kelahiran Shashi itu berhasil melewati adangan wakil Malaysia, Lee Zii Jia.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.