Kisah Greysia Polii di Olimpiade, Pernah Didiskualifikasi hingga Pecah Rekor

Kompas.com - 29/07/2021, 21:40 WIB
Ganda putri Indonesia, Greysia Polii, meraih medali emas SEA Games 2019 DOK. BADMINTONINDONESIAGanda putri Indonesia, Greysia Polii, meraih medali emas SEA Games 2019

KOMPAS.com - Pebulu tangkis putri Indonesia spesialisasi nomor ganda, Greysia Polii, memiliki kisah di Olimpiade. Ia sempat didiskualifikasi hingga akhirnya pecah rekor.

Sebelum memecahkan rekor di Olimpiade Tokyo 2020, Greysia Polii pernah didiskualifikasi pada gelaran Olimpiade London 2012.

Seperti dimuat dalam artikel KOMPAS.com pada 2 Agustus 2012 lalu, Greysia Polii sempat didiskualifikasi pada perhelatan olahraga multicabang terbesar di dunia itu.

Saat itu, ia bertandem dengan Meiliana Jauhari sebagai pasangan ganda putri yang mewakili Indonesia di Olimpiade London 2012.

Baca juga: Serba Pertama Kontingen Indonesia di Olimpiade

Pada waktu itu, Greysia Polii/Meiliana Jauhari dianggap melanggar kode etik karena sengaja mengalah di babak Grup C cabor bulu tangkis saat menghadapi Ha Jung Eun/Kim Min Jung (Korea Selatan).

Mereka disinyalir sengaja melakukan tindakan tersebut agar bisa terhindar dari pasangan Wang Xiaoli/Yu Yang (China) di babak perempat final.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Alhasil, Greysia Polii dan rekannya Meiliana Jauhari didiskualifikasi oleh BWF dan tidak dapat bertanding lagi di Olimpiade London 2012.

Selain Greysia/Meiliana, tiga pasangan lainnya, Wang Xiaoli/Yu Yang (China), Kim Ha Na/Jung Kyung Eun dan Ha Jung Eun/Kim Min Jung (Korea Selatan) juga didiskualifikasi.

Baca juga: 7 Medali Emas Olimpiade Milik Indonesia dari Cabang Bulu Tangkis

Keempat pasangan ganda putri itu dianggap melanggar code of conduct pasal 4.5 dan 4.16 yaitu "tidak bersungguh-sungguh untuk berusaha memenangkan pertandingan" dan "bertingkah laku menghina dan merusak reputasi bulu tangkis."

Namun, setelah masa-masa buruk itu, Greysia Polii kini memecahkan rekor di Olimpiade Musim Panas Tokyo 2020.

Halaman:


Sumber Kompas.com
Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.