Kompas.com - 18/06/2021, 22:20 WIB
Elysha Chloe Pribadi dinobatkan sebagai perenang terbaik kelompok umur 2 (14-15 tahun) di ajang 3rd Indonesia Open Aquatic Championship atau IOAC 2019 yang berlangsung di Stadion Akuatik, Gelora Bung Karno Jakarta, 13-17 Desember 2019. DOK. ISTIMEWAElysha Chloe Pribadi dinobatkan sebagai perenang terbaik kelompok umur 2 (14-15 tahun) di ajang 3rd Indonesia Open Aquatic Championship atau IOAC 2019 yang berlangsung di Stadion Akuatik, Gelora Bung Karno Jakarta, 13-17 Desember 2019.

KOMPAS.com - Renang merupakan kegiatan yang banyak diminati oleh berbagai kalangan, mulai dari usia anak-anak, dewasa, hingga sampai usia lanjut.

Renang juga merupakan jenis olahraga prestasi yang biasa dilombakan di ajang nasional hingga internasional.

Selain itu, renang juga tidak hanya untuk olahraga melalui kompetisi atau kejuaraan, renang juga dipakai sebagai refreshing untuk melepas penat.

Adapun, sebelum memulai kegiatan renang biasanya anak-anak atau orang-orang yang belum mengenal apa itu olahraga renang, akan diberi pengenalan terlebih dahulu.

Baca juga: Fungsi Topi Renang yang Biasa Digunakan Atlet

Biasanya pengenalan air dalam olahraga renang untuk anak-anak atau orang-orang yang baru belajar berenang akan dalam pengawasan di bawah instruktur renang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Lalu, apa tujuan dari pengenalan air dalam olahraga renang?

Mengutip dari SehatQ, salah satu tujuan pengenalan air dalam olahraga renang adalah untuk membuat tubuh terbiasa dengan suasana di kolam renang.

Selain itu, apa lagi tujuan pengenalan air dalam olahraga renang?

Baca juga: Pengambilan Napas pada Renang Gaya Punggung

Berikut adalah tujuan pengenalan air dalam olahraga renang:

  1. Mengenalkan gerak dasar, sikap, dan keamanan air sebagai bagian dari mempersiapkan diri mempelajari teknik gerak renang.
  2. Mengenalkan fondasi gerak untuk belajar renang, yang terdiri atas cara masuk ke air, daya apung tubuh di air, gerakan tungkai, keseimbangan tubuh di air, gerak lengan, dan mengatur napas ketika dalam air.
  3. Memupuk keberanian terhadap air kolam renang.
  4. Memastikan telah mengetahui dan mematuhi peraturan selama berada di kolam renang.
  5. Memberi pemahaman dasar lewat gerakan atau permainan yang dibuat sesuai program masing-masing fasilitas kolam renang.



Sumber
Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X