Kompas.com - 31/05/2021, 17:00 WIB
Perenang Indonesia, I Gede Siman Sudartawa memacu kecepatannya pada final 100 meter Gaya Punggung Putra Asian Games ke-18 di Aquatic Center, Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, Minggu (19/8/2018). Siman gagal meraih medali. KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNGPerenang Indonesia, I Gede Siman Sudartawa memacu kecepatannya pada final 100 meter Gaya Punggung Putra Asian Games ke-18 di Aquatic Center, Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, Minggu (19/8/2018). Siman gagal meraih medali.

KOMPAS.com - Cabang olahraga renang mempunyai beragam gaya maupun teknik berbeda yang umum diperlombakan secara luas di berbagai tingkatan.

Salah satu teknik cabang olahraga renang yang memiliki perbedaan mencolok dibandingkan lainnya adalah gaya punggung atau backstroke.

Perbedaan utama dari gaya punggung atau backstroke dibandingkan teknik lainnya dalam olahraga renang adalah posisi tubuh perenang ketika berada di dalam air.

Gerakan renang mirip seperti gaya bebas, namun gaya punggung dilakukan dengan wajah perenang menghadap ke atas atau berada di permukaan air.

Tak heran jika, renang gaya punggung sering disebut dengan renang gaya back crawl stroke.

Di sisi lain, hal tersebut memungkinkan perenang dapat mengambil napas lebih leluasa, serta dapat memusatkan perhatian pada gerakan tangan dan kaki.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bahu perenang menjadi tumpuan utama, agar lengan bisa mengayun bersamaan dengan tungkai kaki yang berada di dalam air.

Baca juga: Sumber Kecepatan Renang Gaya Kupu-kupu, Bebas, Punggung, dan Dada

Adanya perbedaan posisi tubuh perenang dalam menggerakkan tubuhnya, juga terlihat dari cara awalan atau posisi start renang gaya punggung.

Renang gaya punggung sendiri merupakan satu-satunya nomor perlombaan, yang mewajibkan perenang peserta mengambil posisi memulai lomba di permukaan air atau sebelah bawah balok start.

Para perenang menghadap ke dinding kolam dengan kedua belah tangan memegang besi pegangan, kedua lutut dalam posisi menekuk.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.