Kompas.com - 26/05/2021, 15:00 WIB
Perenang Jepang Yasuhiro Koseki memacu kecepatan saat bertanding di babak final 200 meter Gaya Dada Putra Asian Games ke-18 Tahun 2018 di Aquatic Centre GBK, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (21/8/2018). Yasuhiro Koseki berhasil meraih medali emas dengan catatan waktu 2 menit dan 07.81 detik. KOMPAS.com/GARRY ANDREW LOTULUNGPerenang Jepang Yasuhiro Koseki memacu kecepatan saat bertanding di babak final 200 meter Gaya Dada Putra Asian Games ke-18 Tahun 2018 di Aquatic Centre GBK, Senayan, Jakarta Pusat, Selasa (21/8/2018). Yasuhiro Koseki berhasil meraih medali emas dengan catatan waktu 2 menit dan 07.81 detik.

KOMPAS.com - Cabang olahraga renang mempunyai beragam gaya yang sekaligus menjadi kategori lomba dalam kejuaraan berbagai tingkat.

Salah satu teknik cabang olahraga renang yang umum dipelajari serta diperlombakan secara luas adalah gaya dada alias breaststroke, namun masyarakat umum mengenal teknik ini sebagai renang gaya katak.

Renang gaya katak disebut juga gaya dada karena posisi tubuh ketika berenang, terutama kaki, terlihat seperti katak saat berada dalam air.

Adapun perlombaan renang gaya dada memiliki dua jenis atau nomor yakni sprint maupun distance swimming.

Melansir laman Encyclopaedia Britannica, pengertian renang kategori sprint maupun distance swimming dibedakan berdasarkan jarak tempuhnya.

Jarak yang ditempuh untuk renang gaya dada nomor sprint berkisar 100 hingga 200 meter dalam sekali perlombaan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca juga: Pengambilan Napas pada Renang Gaya Dada

Sementara, untuk nomor perlombaan distance swimming jarak lombanya dapat menyentuh angka 1.500 meter atau lebih.

Renang gaya dada nomor sprint

Kategori perlombaan sprint cabang olahraga renang gaya dada mengutamakan efisiensi gerak dan kekuatan tubuh, sehingga seorang perenang dapat menembuh jarak pendek dalam waktu singkat.

Postur awalan tubuh ketika mengawali lomba juga memberi keuntungan bagi seorang perenang saat berlomba dalam nomor sprint renang gaya dada.

Seperti dilansir dari laman Swim England, salah satu kesalahan bagi perenang ketika berlomba dalam nomor sprint renang gaya dada adalah menghabiskan waktu untuk mengambil napas.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X