Kompas.com - 22/05/2021, 11:20 WIB
Musik legendaris bagi banyak orang Indonesia, senam kesegaran jasmani, diperdengarkan dalam Pesta Rakyat pada 8 Juli 2018 lalu, di Stadion Ziriniou, Athena. Tak kurang dari 380 warga Indonesia ikut serta melakukan senam dan mengikuti serangkaian lomba. DOKUMENTASI KBRI ATHENAMusik legendaris bagi banyak orang Indonesia, senam kesegaran jasmani, diperdengarkan dalam Pesta Rakyat pada 8 Juli 2018 lalu, di Stadion Ziriniou, Athena. Tak kurang dari 380 warga Indonesia ikut serta melakukan senam dan mengikuti serangkaian lomba.

KOMPAS.com - Gerakan senam berirama menjadi salah satu bentuk latihan kebugaran jasmani bagi masyarakat yang mudah dilakukan.

Rangkaian gerakan berirama atau senam irama bisa memenuhi tujuan meningkatkan kesegaran jasmani setiap individu, mengutip dari Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia (2011) oleh Fredericus Suharjana.

Pengembangan gerak berirama kemudian memunculkan bentuk latihan teratur yang bisa dilakukan masyarakat secara luas dengan nama SKJ.

SKJ adalah singkatan dari Senam Kesegaran Jasmani, yang pelaksanaannya dilakukan menggunakan iringan musik dalam durasi serta bentuuk gerakan tertentu.

Umumnya latihan SKJ dilakukan secara berkelompok dengan mengambil tempat berupa lapangan luas dalam fasilitas umum.

Adapun urutan rangkaian gerak Senam Kesegaran Jasmani memiliki tingkat kesulitan yang rendah, sehingga dapat dilakukan individu berbagai jenjang usia.

Baca juga: Mengapa Senam Irama Bermanfaat bagi Bentuk Tubuh?

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Bentuk gerakan yang terdapat dalam rangkaian Senam Kesegaran Jasmani, di antaranya, dapat dijelaskan sebagai berikut:

  • Jalan di tempat

Tujuan dari memulai rangkaian SKJ dengan jalan di tempat adalah sebagai gerakan pemanasan sederhana untuk mengurangi risiko cedera dalam latihan.

Kedua kaki digerakkan secara bergantian, sembari mengayunkan kedua tangan secara bergantian ke depan dan belakang.

  • Menolehkan kepala

Bentuk gerakan menolehkan kepala dilakukan secara perlahan ke arah kanan dan kiri, sambil meletakkan tangan di pinggang.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.