Olimpiade Tokyo, Pandemi Covid-19 Meluas Jepang Pertegas Aturan Penggunaan Obat dan Makanan untuk Atlet

Kompas.com - 23/04/2021, 11:15 WIB
Dua warga berjalan di depan logo olimpiade di Tokyo, Jepang. REUTERS via ABC INDONESIADua warga berjalan di depan logo olimpiade di Tokyo, Jepang.

TOKYO, KOMPAS.com - Jepang kembali mempertegas aturan penggunaan obat dan makanan bagi para atlet kurang dari 100 hari pelaksanaan Olimpiade Tokyo.

"Pandemi Covid-19 yang kian meluas menjadi salah satu pertimbangan," kata pernyataan penyelenggara Olimpiade dan Paralimpik Tokyo, Tokyo 2020, hari ini.

Catatan termutakhir menunjukkan bahwa pemerintah Jepang untuk dua kebijakan ini memang mengutamakan para atlet yang bakal berlaga di Olimpiade dan Paralimpik.

Biaya Penundaan Olimpiade Tokyo bisa Capai Rp 39,48 Triliun
AFP PHOTO/PHILIP FONG Biaya Penundaan Olimpiade Tokyo bisa Capai Rp 39,48 Triliun

Keputusan mengenai obat dan makanan ini menjadi penting, karena demi pencegahan meluasnya pandemi, penyelenggara dan Komite Olimpiade Internasional (IOC) sudah menetapkan tak ada suporter asing yang datang dan menjadi penonton langsung.

Baca juga: 50 Tahun Lebih Menunggu, Timnas Jepang Siap Raih Medali Olimpiade Tokyo

Mengenai obat, sekelompok anggota parlemen Jepang bakal mempersiapkan undang-undang yang memungkinkan atlet asing membawa stimulan medis.

Menilik Olimpiade Rio de Janeiro pada 2014 lalu, ada peraturan yang memperkenankan para atlet asing membawa stimulan medis bagi orang dengan gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktivitas.

Medali Olimpiade Tokyo 2020 resmi diperkenalkan kepada publik.DOK. Reuters Medali Olimpiade Tokyo 2020 resmi diperkenalkan kepada publik.

Hidangan

 Ilustrasi mi instan. (Dok. Freepik/jcomp) Ilustrasi mi instan.

Sementara itu, beberapa hari lalu, Tokyo 2020 sudah membeberkan lima resep hidangan yang menjadi andalan kuliner Olimpiade.

"Lima resep ini mengalahkan lebih dari 700 resep yang masuk," kata pernyataan Tokyo 2020.

Kontes ini sudah berlangsung sejak Agustus dan September 2020.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Sumber Kyodonews
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X