Kompas.com - 23/04/2021, 09:30 WIB
Ilustrasi mencetak gol permainan softball shutterstock.comIlustrasi mencetak gol permainan softball

KOMPAS.com - Contoh permainan bola kecil yang dimainkan secara beregu dan memiliki popularitas cukup tinggi adalah softball.

Berdasarkan laman resmi Konfederasi Baseball Softball Dunia (WBSC), permainan softball melibatkan dua tim beranggotakan sembilan orang dalam sebuah pertandingan.

Masing-masing anggota tim memiliki tugas serta posisi dalam permainan yang kemudian terbagi menjadi delapan.

Seperti dilansir dari buku Softball dan Baseball: Teori dan Praktek (2019), oleh Anggi Setia Lengkana dan Rana Gustian Nugraha salah satu posisi dalam permainan softball disebut sebagai catcher.

Pemain yang wajib mengenakan penutup muka dalam softball adalah catcher, karena memiliki tugas utama menangkap bola hasil lemparan pitcher yang gagal dipukul batter.

Catcher wajib menggunakan penutup muka (masker) dan sarung tangan (glove), untuk menerima bola hasil lemparan pitcher tersebut.

Adapun perlengkapan pelindung lain bagi seorang catcher adalah body protector pada tubuh bagian depan, serta pelindung kaki (leg guard).

Baca juga: Tugas Pitcher dalam Softball

Dalam permainan softball, catcher tidak hanya bertugas menangkap bola hasil lemparan pitcher yang gagal dipukul oleh batter tim lawan.

Selain itu, catcher juga bertugas untuk menjaga home plate atau titik singgah terakhir bagi pelari untuk mencetak angka.

Bola yang bergulir di wilayah. sekitar home base juga menjadi tanggung jawab seorang catcher untuk ditangkap, hingga dapat mematikan lawan.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X