Kompas.com - 22/04/2021, 18:00 WIB
Pesepak bola timnas Indonesia, Dedik Setiawan, berusaha melewati pesepak bola timnas Vanuatu dalam pertandingan persahabatan di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, Sabtu (15/6/2019). Tim Nasional (timnas) Indonesia meraih kemenangan telak saat melakoni laga bertajuk FIFA Matchday melawan Vanuatu dengan skor 6-0. KOMPAS.com/GARRY LOTULUNGPesepak bola timnas Indonesia, Dedik Setiawan, berusaha melewati pesepak bola timnas Vanuatu dalam pertandingan persahabatan di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta Pusat, Sabtu (15/6/2019). Tim Nasional (timnas) Indonesia meraih kemenangan telak saat melakoni laga bertajuk FIFA Matchday melawan Vanuatu dengan skor 6-0.

KOMPAS.com - Permainan sepak bola merupakan contoh permainan bola besar yang dilakukan secara beregu di lapangan terbuka.

Terdapat dua tim yang saling berhadapan dan beranggotakan 11 orang pemain, dengan salah satunya menjadi penjaga gawang.

Cara menentukan pemenang dalam sebuah pertandingan sepak bola adalah mencari selisih gol yang diciptakan kedua tim dalam sebuah permainan.

Untuk menciptakan gol menuju gawang lawan demi meraih kemenangan dalam pertandingan sepak bola, masing-masing pemain termasuk kiper perlu memahami teknik dasar permainan ini.

Berikut adalah teknik dasar yang digunakan dalam pertandingan sepak bola, seperti dikutip dari buku Kepelatihan Sepak Bola: Teori dan Praktik (2018) oleh Ketut Chandra Adinata Kusuma:

  • Menggiring bola

Bentuk gerakan dasar menggiring bola dilakukan untuk menguasai bola dan membawanya sepanjang wilayah permainan.
Keterampilan dasar menggiring bola atau dribel, dapat dilakukan dengan dua cara yakni menggunakan kaki bagian dalam maupun luar.

Baca juga: Strategi Fall Back dalam Sepak Bola

Melakukan dribel bola memakai kaki bagian dalam memungkinkan pemainnya memiliki kontrol lebih besar dibandingkan kaki bagian luar.

Sementara, teknik dasar menggiring bola memakai kaki bagian luar lebih nyaman dilakukan ketika pemain membawa bola sembari berlari di lapangan.

  • Menghentikan bola

Gerakan menghentikan bola menjadi teknik dasar dalam permainan sepak bola, yang dapat dilakukan menggunakan sejumlah bagian tubuh seperti kaki bagian bawah, dada, hingga paha.

Menghentikan bola atau mengontrol bola dengan kaki dilakukan menggunakan bagian dalam, untuk membuat bola berada di depan pemain.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X